EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pe;ajaran IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Dikelas VI MIN Telaga Sari Kabupaten Hulu Sungai Utara

Midhan, Midhan (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pe;ajaran IPA Dengan Menggunakan Media Gambar Dikelas VI MIN Telaga Sari Kabupaten Hulu Sungai Utara. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (356kB) | Preview

ABSTRAK

Latar belakang adalah rendahnya tingkat keberhasilan belajar siswa tentang materi kondoktor dan isolator panas. Rumusan masalah adalah apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keaktipan dan hasil belajar siswa tentang meteri kondoktor dan isolator panas dikelas VI MIN Telaga Sari Kabupaten Hulu Sungai utara . Berdasarkan pernyataan di atas, maka dipilihlah sebuah media gambar dalam proses pembelajaran yang akan membantu siswa dalam meningkatkan hasil bejar yang berkenaan materi kondoktor dan isolator panas . Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media gambar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa tentang materi kondoktor dan isolator panas pada pembelajaran IPA kelas VI MIN Telaga Sari Kabupaten Hulu Sungai Utara. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Instrumen yang digunakan adalah observasi kegiatan guru, observasi siswa, dan tes hasil belajar. Analisa data yang digunakan adalah interprestasi berdasarkan tehnik penghitungan distribusi frekuensi dengan pembahasan berdasarkan persentase. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VI MIN Telaga Sari pada semester genab tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 29 orang, terdiri dari 14 orang perempuan dan 15 orang laki-laki. Hasil penelitian ini diperoleh ( 1 ) Aktivitas guru mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 ke akhir siklus 2 sebesar 58,82 % menjadi 100 %. ( 2 ) Aktivitas siswa secara individual juga mengalami peningkatan sebesar 57,14 % pada akhir siklus 1 menjadi 88,57 % pada akhir siklus 2. Demikian juga dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus 1 sebesar 6,06 menjadi 8,24 pada akhir siklus 2. Peningkatan nilai ini berada diatas standar kreteria ketuntasan minimal (KKM) pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan untuk kelas VI yaitu 70. Kesimpulan dari penelitian tindakan kelas ini menunjukkan, bahwa dengan menggunakan media gambar dalam proses pembelajaran dikelas VI MIN Telaga Sari pada materi konduktor dan isolator panas dapat meningkatkan keaktifan guru, siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 29 Jul 2015 05:55
Last Modified: 29 Jul 2015 05:55
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/762

Actions (login required)

View Item View Item