EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Interaksi Edukatif Pada Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri Di Kabupaten Hulu Sungai Utara

Hulbat, Rahmad (2017) Interaksi Edukatif Pada Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri Di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (486kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (520kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Hulbat., Rahmad: INTERAKSI EDUKATIF PADA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA., di bawah bimbingan (I) Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA., (II) Dr. Inna Muthmainnah, MA., Tesis pada Pacasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2016. Kata Kunci: Interaksi Edukatif, Tujuan Interaksi Edukatif, Ciri dan Komponen Interaksi edukatif, serta Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini adalah interaksi edukatif pada Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Penelitian ini beranjak dari pengamatan awal penulis bahwa guru PAI masih merasa kesulitan di dalam menjalin hubungan dengan siswa, baik ketika proses pembelajaran (penginteraksian edukatif), maupun ketika di luar proses pembelajaran atau di luar penginteraksian edukatif (di luar jam sekolah) tersebut. Berdasarkan hal ini, tujuan yang diangkat di dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui interaksi edukatif yang memiliki tujuan, prosedur, materi, aktivitas siswa, bimbingan, kedisiplinan, batas waktu, dan evaluasi/penilaian pada Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara dilaksanakan. Sumber data di dalam penelitan ini adalah 5 orang guru PAI dan semua siswa di SMP Negeri yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan ruduksi data, display data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru PAI telah berinteraksi edukatif dengan cara berceramah disertai dengan tanya jawab, belajar di bawah pepohonan yang ada di halaman sekolah, belajar memainkan drama tentang orang-orang dermawan, diskusi kelas, menggambarkan tentang topik yang ada di buku pelajaran dengan berkelompok, membacakan ayat suci Al-Qur’an, menghapal surah-surah pendek, menghapal bacaan berwudhu dan sembahyang, serta mengkhotbah yang di dalamnya terdapat keaktifan antara guru dan siswa, serta siswa dan siswa. Interaksi edukatif yang dilaksanakan termuat di dalamnya tujuan yang ingin dicapai, prosedur penginteraksian, materi yang diinteraksikan, aktivitas siswa di dalam penginteraksian, bimbingan guru di dalam penginteraksian, kedisiplinan di dalam penginteraksian, batas waktu di dalam penginteraksian, dan evaluasi/penilaian terhadap penginteraksian tersebut pada Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M. Pd Rahmad Hulbat Suriansyah
Date Deposited: 13 Mar 2017 23:54
Last Modified: 14 Mar 2017 06:23
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7616

Actions (login required)

View Item View Item