EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

STUDI EVALUASI PELAKSANAAN AKREDITASI MADRASAH ALIYAH NEGERI DAN SWASTA DI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2014

Drs., H. Mubin, M.Ag and Drs. H. Helmi, Mizani, M.Ag and Drs. M., Ramli, M.Pd STUDI EVALUASI PELAKSANAAN AKREDITASI MADRASAH ALIYAH NEGERI DAN SWASTA DI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2014. Laporan Penelitian. Institut Agama Islam Negeri Antasari.

[img] Text
Hasil Pen. Tabahan-Studi Evaluasi Pelak. Akdreditasi MA.pdf

Download (635kB)

ABSTRAK

Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat membuktikan bahwa Secara umum pelaksananan akreditasi Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta di Kalimantan Selatan tahun 2014 telah terlaksana dengan amat baik sesuai dengan ketentuan yang berlaku sebagai mana tertuang dalam pedoman pelaksanaan akreditasi yang diterbitkan oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah, seluruh rangkaian kegiatan akreditasi telah terlaksana dengan amat baik, baik pada tahap kegiatan di tingkat BAP S/M Propinsi Kalimantan Selatan, di tingkat Asesor, dan di tingkat madrasah, kecuali pada sebagian kecil aspek saja yang belum terlaksana. Untuk mengkordinasikan kegiatan di kabupaten/Kota, maka BAP S/M Propinsi Kalimantan Selatan di bantu dengan unit organisasi yang bernama UPA S/M Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan. Sedangkan untuk melaksanakan visitasi akreditasi di Madrasah Aliyah, maka BAP S/M menunjuk asesor yang dipilih dari dosen perguruan tinggi dan pengawas sekolah/madrasah. Hasil akreditasi pada Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta di Kalimantan Selatan sebagian besar berada pada peringkat B (baik), bahkan ada sebagian kecil Madrasah Aliyah yang mendapat peringkat akreditasi A (amat baik) dan sebagian kecil lainnya menperoleh peringkat C (cukup). Dari seluruh standar pendidikan secara umum sudah baik, hanya yang masih kurang baik adalah standar tenaga kependidikan dan standar sarana pendidikan terutama didapati pada Madrasah Aliyah Swasta. Adapun problema yang ditemukan dari pelaksanaan akreditasi Madrasah Aliyah Negeri dan Swasta di Kalimantan Selatan pada tahun 2014 adalah Jarak waktu antara pemberitahuan akreditasi dengan datangnya TIM Asesor Akreditasi terlalu pendek, Kurangnya bimbingan dari pengawas atau dari Pejabat Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota di Propinsi Kalimantan Selatan dalam pelaksanaan akreditasi, Kurangnya dana untuk akteditasi Madrasah, terutama yang berasal dari Madrasah Aliyah Negeri, Informasi tentang kegiatan akreditasi kurang mamadai, Kurang lengkapnya sarana yang dimiliki madrasah terutama pada Madrasah Aliyah Swasta, Pertemuan pada diskusi membahas laporan hasil visitasi dari asesor waktu untuk presentasi terbatas sehingga terkesan buru-buru, Pelaksanaan visitasi oleh asesor selalu diadakan mendadak, dan waktu yang disediakan untuk asesor sedikit sehingga asesor sering mendapat kesulitan karena bertabrakan dengan kegiatan lain, Antara asesor masih terdapat perbedaan pemahaman terhadap instrumen akreditasi, danKurangnya dana baik untuk biaya operasional BAP S/M Provinsi Kalimantan Selatan, UKA Kabupaten/ Kota se Kalimantan Selatan, maupun untuk insentif pengurus BAP S/M dan Pengurus UKA Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Erwinsyah Erwin
Date Deposited: 09 Mar 2017 05:27
Last Modified: 09 Mar 2017 05:27
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7597

Actions (login required)

View Item View Item