EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMKN 1 BANJARMASIN

Hafizi, Said (2014) PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMKN 1 BANJARMASIN. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I - V.pdf

Download (472kB) | Preview

ABSTRAK

Said Hafizi; 2014. PENERAPAN KURIKULUM 2013 DALAM MATA PELAJARAN PAI DI SMKN 1 BANJARMASIN, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (1) Drs. H. Abdul Basir, M. Ag. Penelitian ini digali berdasarkan rumusan masalah meliputi, bagaimana penerapan pembelajaran kurikulum 2013 dalam mata pelajaran pendidikan islam, kendala-kendala penerapan pembelajaran kurikulum 2013 dalam pendidikan agama islam di SMKN 1 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran kurikulum 2013 dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam yang meliputi: pendekatan scientific, model pembelajaran, jenis penilaian autentik, dan buku guru dan murid. Kendala-kendala penerapan pembelajaran kurikulum 2013 dalam mata pelajaran pendidikan agama islam yang meliputi:kebiasaan guru, keterbatasan buku guru dan murid, kemampuan penilaian guru, sarana dan prasarana, dan keaktifan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field reseacrh) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini ada 2 orang guru mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas X dan XI, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kurikulum 2013 dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam dan kendala-kendalanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi, dokumenter, dan triangulasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, tabulasi, penyajian data, verifikasi, triangulasi, dan interpretasi data dengan menggunakan analisis deskriptif kaulitatif dan teknik penarikan kesimpulan secara induktif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kurikulum 2013 dalam mata pelajaran pendidikan islam di SMKN 1 Banjarmasin dengan metode yang bervariatif menerapkan pendekatan scientific secara utuh, model pembelajaran yang digunakan adalah berbasis masalah sebanyak, guru menggunakan penilaian autentik tertulis dan portofolio, guru menggunakan buku pelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi inti. Kendala utama penerapan pembelajaran kurikulum 2013 mata pelajaran PAI di SMKN1 Banjarmasin adalah masalah buku dari segi distribusi, sarana dan prasarana yang mempengaruhi kualitas penilaian, dan kemampuan penilaian guru dari segi teknis.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 29 Jul 2015 05:26
Last Modified: 29 Jul 2015 05:26
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/759

Actions (login required)

View Item View Item