EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahhuan Alam (IPA) kelas II MIN Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar

Rusdiana, Rusdiana (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Belajar Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahhuan Alam (IPA) kelas II MIN Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (650kB) | Preview

ABSTRAK

Keberhasilan pembelajaran ditunjukkan oleh dikuasainya tujuan pembelajaran oleh siswa. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran oleh siswa adalah kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran, terutama mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Secara umum tugas guru adalah sebagai fasilitator yang bertugas menciptakan kegiatan pembelajaran siswa untuk mencapai tujuan yang optimal,terutama melalui belajar kelompok. Karena melalui belajar kelompok akan tercipta suasana keaktifan para siswa, sehingga proses pembelajaran tidak lagi menoton pada metode ceramah saja. Maka dengan adanya metode kerja kelompok yang akhirnya membangkitkan kreativitas siswa dalam belajar dikelas sehingga siswa tidak lagi bersifat pasif dan akan menimbulkan kesenangan tersendiri bagi siswa dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah begaimana meningkatkan hasil belajar siswwa melalui belajar kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas II pada MIN Kertak Hanyar II Kabupaten Banjar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MIN Kertak Hanyar II yang berjumlah 19 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui belajar kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas II MIN Kertak Hanyar II Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data adalah observasi ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar dan implimintasi belajar kelompok. Tes ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa , wawancara digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan implimintasi pembelajaran kelompok dan diskusi antar guru dan teman sejawat. Analisis data dalam penelitian ini dilaksanakan secara deskriptif dengan menggunakan teknik presentasi untuk kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan (1) tingkat keaktifan siswa dalam proses belajar mengajar Ilmu Pengetahuan Alam dikategorikan dalam klasifikasi dalam kalimat kualitatif yaitu siklus I kategori baik (71-85%) dan siklus II kategori baik sekali (86- 100%), (2) tingkat keberhasilan implimintasi belajar kelompok siklus I dengan kategori cukup (56-70%) dan siklus II dengan kategori baik (71-85%), (3) tingkat keberhasilan hasil belajar siswa siklus I dikategorikan baik (71-85%) dan diklus II dikategorikan baik sekali (86-100%).

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 29 Jul 2015 05:55
Last Modified: 29 Jul 2015 05:55
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/750

Actions (login required)

View Item View Item