EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Lagu-Lagu Religi dengan Pembelajaran Konvensional di MTs Negeri Mulawarman Banjarmasin

Harlina, Harlina (2017) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Lagu-Lagu Religi dengan Pembelajaran Konvensional di MTs Negeri Mulawarman Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (429kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (848kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

kegiatan pembelajaran pada prinsipnya merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. oleh karena itu, strategi pembelajaran harus diarahkan untuk memfasilitasi pencapaian kompetensi yang telah dirancang dalam dokumen kurikulum agar setiap individu mampu menjadi pembelajar mandiri sepanjang hayat dan yang pada gilirannya mereka menjadi komponen penting untuk mewujudkan masyarakat belajar. Dalam pembelajaran akidah akhlak seorang guru diharapkan mampu memilih strategi pembelajaran yang tepat agar memudahkan siswa dalam memahami mata pelajaran guna memperoleh hasil belajar yang baik. Adapun salah satu strategi pembelajaran ialah dengan menggunakan melalui lagu-lagu religi yang dapat diterapkan pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Mulawarman Banjarmasin. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain eksperimen Nonequivalent Control Group Desain. Dalam mengambil obyek penelitian, penulis melakukan pengambilam sampel secara bertujuan (purposive). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTs Negeri Mulawarman Banjarmasin yang berjumlah 958 siswa. Sampelnya adalah siswa kelas VII G dan VII H, yaitu berjumlah 81 orang siswa dan 1 orang guru akidah akhlak. Temuan penelitian ini adalah 1) Hasil belajar siswa kelas control meningkat dari 57,5 (pre-test) menjadi 73 (post-test). 2) Hasil belajar siswa kelas eksperiment juga meningkat dari 64,65, (pre-test) menjadi 81,46 (post-test). 3) Adanya perbedaan hasil yang signifikan antara hasil belajar siswa yang tidak menerapkan dan yang tidak menerapkan strategi pembelajaran akidah akhlak mellaui lagu-lagu religi di MTs Negeri Mulawarman Banjarmasin. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan antara "t" dalam perhitungan pada saat post-test (to=3,45) dan besarnya "t" yang tercantum pada nilai "t" (5%=1,99 dan 1%=2,64), maka dapat diketahui bahwa to adalah besar dari tt, yaitu: 1,99 <3,45> 2,64, yang berarti perbedaannya adalah signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: harlina harlina harlina
Date Deposited: 03 Apr 2017 02:14
Last Modified: 03 Apr 2017 02:14
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7424

Actions (login required)

View Item View Item