EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi danKegunaannya Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas II MIN Kitang Kabupaten Tabalong

Jubaidah, Jubaidah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Sumber Energi danKegunaannya Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas II MIN Kitang Kabupaten Tabalong. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB IV dan V.pdf

Download (391kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang hasilbelajarsiswamatapelajaran IPA materisumber energy padakelas II MIN KitangKabupatenTabalong. Masalah yang inginditelitiadalahaktivitassiswa, guru danhasilbelajarsiswakelas IIMIN KitangKabupatenTabalongtentangsumberenergidenganmenggunakan model pembelajaran Tutor Sebaya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas IIMIN KitangKabupatenTabalongsedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah aktivitassiswadanhasilbelajartentangmaterisumberenergimenggunakan model tutor sebaya. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatandandokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik editing, koding serta klasifikasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan metode deskriptif yang bertujuan melengkapi uraian dengan membuat deskripsi dan analisis secara kualitatif. Aktivitas kegiatan guru dalam pembelajaran semakin meningkat sampai pada pertemuan akhir siklus 2 yakni 46 (baik). Aktivitas siswa, siswa aktif dan selalu mengalami peningkatan pada tiap siklusnya. hingga pada pertemuan terakhir yakni siklus 2 pertemuan 2 yang aktif sebanyak 53.3% dan sangat aktif sebesar 46.6%. Dengan demikian aktivitas siswa dalam penggunaan model pembelajaan tutor sebaya dapat dikatakan meningkat dengan kriteria baik Penerapan model pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber energi hingga pada pertemuan 2 siklus II ketuntasan mencapai 100%.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:57
Last Modified: 29 Jul 2015 03:57
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/732

Actions (login required)

View Item View Item