EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Perbaikan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas III MIN Kertak Hanyar II.

Maisyarah, Maisyarah (2015) Upaya Perbaikan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas III MIN Kertak Hanyar II. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.Maisyarah.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV LAPORAN HASIL PENELITIAN.Maisyarah.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Maisyarah, 2013. Upaya Perbaikan Pembelajaran Pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas III MIN Kertak Hanyar II. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Abdul Hayat, M.Pd. Kata Kunci: Pembelajaran, Model Numbered Head Together (NHT) Pendidikan Kewarganegaraan yang biasa disingkat dengan PKn adalah salah satu mata pelajaran yang didalamnya menanamkan tentang etika, perilaku, sopan santun baik sebagai diri pribadi ataupun sebagai makhluk sosial dalam tatanan hubungan dengan anggota keluarga, sekolah, atau lingkungan masyarakat sekitar. Akan tetapi ketika dalam mempelajarinya penulis merasa ada masalah dalam penyampaian. Bertolak dari asumsi demikian penulis mencoba mengangkat sebuah tulisan PTK ini dengan judul “Upaya perbaikan Pembelajaran Pada Mata PelajaranPKn Melalui Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas III MIN kertak Hanyar II.” Penelitian ini bertujuan memperbaiki cara mengajar guru yang lama, meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan meningkatkan hasil belajar bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah adalah siswa kelas III MIN Kertak Hanyar II pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpul data juga menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dan diskriptif kuantitatif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT dapat memperbaiki aktivitas guru dalam proses pembelajaran, pada siklus I 78,78% menjadi 87,87% pada siklus II, memperbaiki aktivitas siswa pada siklus I dari 75,00% menjadi 91,66% pada siklus II, hasil belajar kelompok meningkat, pada siklus I rata-rata 75,00 menjadi 85,00 pada siklus II, begitu juga hasil belajar secara individual pada siklus I rata-rata kelas 70,31 menjadi 73,43 atau dari 71,87% menjadi 81,25%. Dengan model pembelajaran NHT ini dapat memperbaiki cara pembelajaran yang lama sehingga dapat memperbaiki aktivitas siswa dalam pembelajaran, begitupun hasil pembelajaran juga menjadi lebih baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Faisal Adlan azka
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:56
Last Modified: 29 Jul 2015 03:56
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item