EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Penggunaan Media Sedotan Lemon untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan pada Siswa Kelas 1 di Mi Khadijah Banjarmasin.

Normaidah, Normaidah (2015) Penggunaan Media Sedotan Lemon untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan pada Siswa Kelas 1 di Mi Khadijah Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.Normaidah.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.Normaidah.pdf

Download (838kB) | Preview

ABSTRAK

Normaidah, 2014. Penggunaan Media Sedotan Lemon untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan pada Siswa Kelas 1 di Mi Khadijah Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Dra. Mariani, M.Pd.I. Kata kunci: Prestasi Belajar Siswa, Media Sedotan Lemon. Penelitian ini bertolak dari tingkat prestasi siswa kelas I MI Khadijah Banjarmasin yang belum mencapai Standar Ketuntasan Belajar Minimal (SKBM) yaitu 56.40 sedangkan yang ditetapkan madrasah untuk mata pelajaran Matematika yaitu 60.00, khususnya materi Penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dan dengan teknik menyimpan. Faktor-faktor penyebab belum tercapainya SKBM hasil belajar siswa ini diantaranya belum digunakannya media pembelajaran yang tepat, sehingga pembelajaran Matematika di kelas berjalan monoton, kurangnya kolaborasi antara guru dan siswa yang pada akhirnya mempengaruhi prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dalam penelitian tindakan kelas ini diujicobakan penggunaan media sedotan lemon dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan media sedotan lemon dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I MI Khadijah Banjarmasin dan mengetahui apakah dengan penggunaan media sedotan lemon dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa materi Penjumlahan dengan teknik tanpa menyimpan dan penjumlahan dengan teknik menyimpan kelas I MI Khadijah Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, subjek penelitiannya adalah guru dan siswa kelas I MI Khadijah Banjarmasin yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sumber Data diperoleh dari siswa, guru, dan observer atau teman sejawat. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, wawancara dan diskusi antara guru. Aktivitas guru pada pembelajaran dengan menggunakan media sedotan lemon ini diperoleh pada siklus I rata-ratanya 36 pada klasifikasi baik, pada siklus I pertemuan II meningkat 38 pada klasifikasi baik, pada siklus II pertemuan I meningkat menjadi 43 pada klasifikasi sangat baik dan pada siklus II pertemuan II meningkat lagi sebesar 46 dengan klasifikasi sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I pertemuan I skor rata-ratanya 69,91% yang berada pada klasifikasi cukup, pada siklus I pertemuan II skor rata-ratanya 72,39% yang berada pada klasifikasi baik. Pada siklus II pertemuan I skor rata-ratanya 76,09% pada klasifikasi baik dan siklus II pertemuan II skor rata-ratanya 80.63% yang berada pada klasifikasi sangat baikPrestasi belajar siswa pada siklus I pertemuan I memperoleh nilai rata-rata 63,07 dengan ketuntasan klasikal 69,24%, pada siklus I pertemuan II memperoleh nilai rata-rata 71,15 dengan ketuntasan klasikal sebesar 84,6%, siklus II pertemuan I memperoleh nilai rata-rata 72,30 dengan ketuntasan klasikal 88,46% dan siklus II pertemuan II memperoleh nilai rata-rata 78,07 dengan ketuntasan klasikal sebesar 96,162%. Dengan ketuntasan klasikal rata-rata 84,30% terjadi peningkatan pada tiap siklus.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Faisal Adlan azka
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:56
Last Modified: 29 Jul 2015 03:56
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item