EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pembelajaran Akidah Akhlak pada Siswa Kelas V MI Nurul Islam Banjarmasin

Ida Fitria, Fitria (2015) Pembelajaran Akidah Akhlak pada Siswa Kelas V MI Nurul Islam Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Ida Fitria 1.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ida Fitria 2.pdf

Download (284kB) | Preview

ABSTRAK

Ida Fitria. 2014. Pembelajaran Akidah Akhlak pada Siswa Kelas V MI Nurul Islam Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Pembimbing: Tamjidnor, S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran, Akidah Akhlak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembalajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas V MI Nurul Islam Banjarmasin dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pembelajaran Akidah Akhlak. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan siswa kelas V MI Nurul Islam Banjarmasin yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 12 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Sedangkan objek penelitan ini adalah pembelajaran Akidah Akhlak Pada SiswaKelas V MI Nurul Islam Bnajrmasin Jenis dan pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik pengelolaan data yang digunakan yaitu editing, klasifikasi, dan interprestasi data selanjutnya disajikan secara deskriptif kualitatif dalam bentuk uraian-uraian, sehingga dapat menggambarkan permasalahan yang diteliti secara memadai dan utuh. Setelah itu menganalisis data secara kualitatif dengan merangkai dan membahas data, baik menurut teori atau pun pendapat penulis sendiri. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran akidah akhlak yang dilakukan oleh guru yang meliputi perencanan sudah terlaksana dengan cukup baik, namum pada pada perencanaan ini masih perlu ditingkatkan lagi oleh guru yang bersangkutan, pada proses pelaksanaan, evaluasi dan tidak lanjut pembelajaran secara umum terlaksana dengan cukup baik. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah faktor guru, faktor siswa, faktor sarana dan prasarana, dan faktor lingkungan. Disarankan pada guru untuk lebih banyak mengembangkan kompetensi diri dalam hal pembelajaran Akidah Akhlak agar menghasilkan siswa yang berkarakter Islami. Untuk siswa selalu tetap semangat didalam belajar, serta mengeluarkan daya kreativitas yang ada pada diri dan jangan berhenti untuk mencari ilmu guna membangun kemampuan berfikir yang kreatif, inovatif, dan selalu bertakwa kepada Allah Swt.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Adjie Ramaji Raudah
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:56
Last Modified: 29 Jul 2015 03:56
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item