EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Energi Listrik Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VI MI Nurul Huda Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin.

Supiani, H. Maslan (2015) Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Energi Listrik Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VI MI Nurul Huda Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
2 BAB I.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 bab iv ekspremen.pdf

Download (319kB) | Preview

ABSTRAK

Supiani, 2014. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Perubahan Energi Listrik Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas VI MI Nurul Huda Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing : Dra. Hj. Masyithah, M.Pd.I Kata kunci: Metode eksperimen, Listrik, Energi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas VI MI Nurul Huda Mantuil dengan menggunakan metode eksperimen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI MI Nurul Huda Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 21 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembaran observasi, dan kuesioner. Hipotesis penelitian ini adalah Metode eksperimen dapat meningkatkan prestasi belajar IPA materi perubahan energi listrik pada siswa kelas VI MI Nurul Huda Mantuil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014. Hasil penelitiaan menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi perubahan energi listrik: (1) Partisipasi siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke akhir siklus II , dari 70,00% atau kategori aktif menjadi 85,71% sangat aktif. (2) Hasil rata-rata prestasi belajar siswa juga meningkat dari 6,38 belum mencapai SKM 6,50 (belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal) menjadi 6,80 telah mencapai SKM (telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Faisal Adlan azka
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:46
Last Modified: 29 Jul 2015 03:46
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/715

Actions (login required)

View Item View Item