EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pola Komunikasi Kepala Sekolah SMPIT Nurul Ilmi dan MTs Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong Kutai Kartanegara

Sarna, Sarna (2016) Pola Komunikasi Kepala Sekolah SMPIT Nurul Ilmi dan MTs Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong Kutai Kartanegara. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (297kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (703kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (101kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Sarna; Pola Komunikasi Kepala Sekolah SMP Islam Terpadu Nurul Ilmi dan MTs Pondok Pesantren Karya Pembangunan Ribathul Khail Tenggarong Kutai Kartanegara, di bawah bimbingan I: Prof. Dr. H. Mahyuddin Barni M.Ag. dan II: Dr. H. Husnul Yaqin, M. Ed, pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin (2016). Kata kunci: Komunikasi, formal, nonformal, informal, teknis dan prosedural. Komunikasi merupakan unsur terpenting dalam penyelenggaraan pendidikan. Seluruh program pendidikan akan berjalan secara maksimal jika didukung oleh komunikasi yang baik. Komunikasi yang baik sangat tergantung dari bagaimana kepala sekolah mempola komunikasikan dengan guru dan karyawan di lembaga yang dipimpinnya. Oleh karena itu komunikasi yang dilakukan perlu dievaluasi sebelum dan sesudah melakukan komunikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi yang digunakan oleh kepala sekolah. Data yang digali adalah data tentang pola komunikasi kepala sekolah. Sumber data adalah kepala sekolah, guru dan karyawan SMPIT Nurul Ilmi dan MTs PPKP Ribathul Khail Tenggarong, dan dokumen yang terkait. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif analisis. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangalusi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: komunikasi kepala sekolah SMPIT Nurul Ilmi dan Kepala Sekolah MTs PPKP Ribathul Khail dilakukan dengan: (1) pola komunikasi formal, (2) polakomunikasi nonformal, (3) pola komunikasi informal, (4) pola komunikasi teknis dan (5) pola komunikasi prosedural. Pola komunikasi formal dilakukan dengan lisan dan tulisan, pola komunikasi nonformal dilakukan dengan mempergunakan waktu waktu luang yang dimiliki guru sebelum dan sesudah masuk kelas, pola komunikasi informal dilakukan dengan saling bersilaturrahim antara keluarga guru yang satu dengan yang lain, komunikasi teknis dilakukan dengan menempatkan seseorang sesuai dengan keahlian yang dimilikinya dan komunikasi prosedural dilakukan dengan laporan yang diminta oleh kepala sekolah dari guru-guru yang ada di lembaga yang dipimpinnya. Pada intinya kedua lembaga pendidikan tersebut menggunakan lima pola komunikasi tersebut dalam mengatur guru, karyawan dan stafnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sarna Sarna
Date Deposited: 16 Jan 2017 05:31
Last Modified: 16 Jan 2017 05:31
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7058

Actions (login required)

View Item View Item