EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Manajemen Pembiayaan SD/MI Swasta di Kecamatan Tenggarong (Studi pada: SDIT Nurul Ilmi, SD Muhammadiyah, dan MI Asy Syauqi)

Wirantanus, Rahmadi (2016) Manajemen Pembiayaan SD/MI Swasta di Kecamatan Tenggarong (Studi pada: SDIT Nurul Ilmi, SD Muhammadiyah, dan MI Asy Syauqi). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (254kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (950kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (253kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (796kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Rahmadiwirantanus; Manajemen Pembiayaan SD/MI Swasta di Kecamatan Tenggarong (studi pada: SDIT Nurul Ilmi Tenggarong, SD Muhammadiyah Tenggarong, MI Asy Syauqi Tenggarong) di bawah bimbingan I: Dr. Ahmad Juhaidi, M.Pd.I dan II Dr. H. Husnul Yaqin, M. Ed, pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2016. Kata Kunci: Manajemen, Pembiayaan, Pendidikan, Poroses Perencanaan Manajemen pembiayaan merupakan unsur terpenting dalam penyelenggaraan pendidikan. Seluruh program pendidikan dalam suatu lembaga akan berjalan secara maksimal jika didukung oleh sumber pembiayaan yang memadai. Sumber pembiayaan yang kuat bagi sekolah swasta sangat tergantung dari bagaimana kepala sekolah dapat menggali pontensi-potensi sumber pembiayaan di sekolahnya. Oleh karena itu pendekatan sistem pembiayaan dimulai pada saat melakukan proses perencanaan anggaran pendidikan, analisis penggunaan anggaran dan evaluasi setelah berjalanyanya pembiayaan suatu program pendidikan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan. Dengan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan dan menganalisis proses perencanaan anggaran pembiayaan, alur penggunaan anggaran pembiayaan, dan bentuk pertanggungjawaban pembiayaan di SDIT Nurul Ilmi Tenggarong, SD Muhammadiyah Tenggarong, dan MI Asy Syauqi Tenggarong. Teknik pengumpulan data dan sumber data melalui informan dan dokumen dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) proses penyusunan anggaran pembiayaan SDIT Nurul Ilmi dan SD Muhammadiyah Tenggarong dimulai dari pembentukan tim perumus RKAS, membuat analisis kebutuhan biaya, membuat rancangan, hasil rancangan dirapatkan bersama seluruh perwakilan guru, komite, dan pihak yayasan, terakhir legitimasi pihak berwenang. Berbeda dengan MI Asy Syauqi, tidak ditemukan proses penyusunan anggaran madrasah sebagimana yang dilakukan oleh SDIT Nurul Ilmi dan SD Muhammadiyah Tenggarong. MI Asy Syauqi hanya mengundang guru lalu dimintai kebutuhan masing-masing guru kemudian RKAS diolah oleh kepala sekolah bersama bendahara kemudian legitimasipihak terkait. (2) Ketiga sekolah/madrasah menggunakan semua sumber pembiayaan untuk: (a) gaji guru/pegawai (b) peningkatan kompetensi guru (c) peningkatan sarana pembelajaran (d) pembangunan sarana sekolah (e) penunjang kegiatan kesiswaan, dan (f) biaya pengelolaan. (3) Alur pertanggungjawaban ketiga sekolah/madrasah dengan cara membuat laporan pertanggungjawaban tertulis, kemudian laporan disampaikan kepada: dinas pendidikan kabupaten dan pusat, kementerian agama khusus MI Asy Syauqi, yayasan, dan komite melalui rapat komite sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rahmadi Wirantanus
Date Deposited: 16 Jan 2017 05:56
Last Modified: 16 Jan 2017 05:56
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/7055

Actions (login required)

View Item View Item