EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin,

Aulia, Azizah (2015) Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin,. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AULIA BAB I.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB-IV.Aulia Azizah.pdf

Download (2MB) | Preview

ABSTRAK

Aulia Azizah, 2015, Hubungan antara Keharmonisan Keluarga dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin, Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Pembimbing: Helma Nuraini,S.Psi, M.Pd. Kata Kunci, Keharmonisan Keluarga, Prestasi Belajar Penelitian ini menggambarkan bahwa lingkungan khususnya keluarga memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar anak di sekolah. Keharmonisan keluarga dapat memberi pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Siswa yang memiliki keluarga yang harmonis akan mendapat perhatian, kasih sayang yang penuh dari orang tuanya, sehingga motivasi belajarnya di sekolah meningkat dan prestasinya pasti akan meningkat pula. Sebaliknya, keluarga yang tidak harmonis akan berdampak pada kurangnya perhatian dan kasih sayang, sehingga prestasi belajarnya akan menurun. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keharmonisan keluarga siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin, bagaimana prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin, dan apakah ada hubungan antara keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dan pendekatannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian untuk mewakili populasi penelitian ini adalah dari siswa-siswa SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin yaitu siswa-siswa dari kelas VIII yang berjumlah 65 orang. Untuk mengumpulkan data keharmonisan keluarga peneliti menggunakan skala keharmonisan keluarga berbentuk skala likert, sedangkan untuk data prestasi belajar peneliti menggunakan data rapor dengan metode dokumentasi serta untuk data penunjangnya digunakan metode dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik editing, skoring, tabulating, dan interpretasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis korelasional triserial. Korelasional triserial digunakan apabila variabel-variabel yang akan dikorelasikan berskala ordinal dan interval. Berdasarkan ketentuan uji hipotesis yang telah ditentukan, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini ditunjukkan pada hasil koreksi terhadap nilai r korelasi Triserial dan tabel faktor koreksi karena penggolongan secara kasar dengan tiga kategori, maka diperoleh nilai r = 0.448. Hasil korelasi kemudian dikonsultasikan dengan Tabel Kritik r Product Moment, pada interval kepercayaan 95 % = 0,25 (Taraf Kepercayaan 95 %). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan ada hubungan antara keharmonisan keluarga dengan prestasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Banjarmasin..

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Faisal Adlan azka
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:43
Last Modified: 29 Jul 2015 03:43
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item