EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pendidikan Karakter (Perspektif Tafsîr al-Mishbâẖ dan Kitâb Shaẖîẖ Bukhârî dan Shaẖîẖ Muslim)

Jazuli, Sulaiman (2017) Pendidikan Karakter (Perspektif Tafsîr al-Mishbâẖ dan Kitâb Shaẖîẖ Bukhârî dan Shaẖîẖ Muslim). Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (357kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (446kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (603kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (600kB)
[img] Text
BAB VII.pdf

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (278kB)

ABSTRAK

Sulaiman Jazuli; Pendidikan Karakter Perspektif Tafsîr al-Mishbâẖ dan Kitâb Shaẖîẖ Bukhârî dan Shaẖîẖ Muslim, di bawah bimbingan I: Prof. Dr. H. A. Fahmy Arief, MA. dan II: Dr. H. Abdul Basir, M.Ag. Tesis, pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2016. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Tafsîr al-Mishbâẖ, Shaẖîẖ Bukhârî, Shaẖîẖ Muslim. Penulisan tesis ini dilatarbelakangi oleh adanya problematika dalam dunia pendidikan yang seakan tidak pernah selesai. Problematika tersebut berupa rusaknya akhlak remaja seiring berkembangnya zaman. Oleh karena itu para pemikir pendidikan berupaya keras menemukan solusi mengatasinya. Hal ini dapat dilihat dari gencarnya pemerintah mengkampanyekan pentingnya pendidikan karakter. Pendidikan karakter dalam perspektif Islam sama dengan pendidikan akhlak. Pendidikan karakter dalam Islam bersumber dari Alquran dan hadis Nabi Saw. yang memiliki kebenaran mutlak yang mencakup nilai dan norma kemanusiaan dan ketauhidan yang terintegrasi dan tidak dapat dipisahkan. Pendidikan karakter/akhlak ini bertujuan agar dunia pendidikan dapat berjalan dengan ruh dan makna sesungguhnya. Oleh karena itu, yang menjadi fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana pendidikan karakter berdasarkan ayat-ayat Alquran perspektif tafsir al-Mishbah? (2) Bagaimana pendidikan karakter perspektif Imam Bukhari dalam kitab Shahih Bukhari dan Imam Muslim dalam kitab Shahih Muslim? (3) Apa saja konsep pendidikan karakter perspektif tafsir al-Mishbah dan kitab Shahih Bukhari dan Shahih Muslim Penelitian ini bersifat library research (Penelitian Pustaka) dengan pendekatan konten analisis. Sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif yang temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan. Simpulan dari penelitian ini bahwa karakkter/akhlak perspektif tafsîr al-Mishbâẖ adalah tawakkal, menghormati, takwa, memaafkan, berkata baik, berkata benar, memelihara lingkungan, dan menghargai privasi orang lain, amanah, pemberani, sabar, malu, lemah lembut, kasih sayang, tawadhu/rendah hati. Sedangkan yang terdapat dalam kitâb Shaẖîẖ Bukhârî dan Shaẖîẖ Muslim adalah amanah, pemberani, sabar, berkata baik, memuliakan tamu dan menghormati tetangga, malu, bergaul dengan baik, riang gembira, berkata jujur, lemah lembut, kasih sayang, dan tawadhu. Konsep pendidikan karakter perspektif tafsîr al-Mishbâẖ dan kitâb Shaẖîẖ Bukhârî dan Shaẖîẖ Muslim mencakup dasar pendidikan karakter, tujuan pendidikan karakter, metode pendidikan karakter, materi pendidikan karakter, pendidik dan peserta didik pendidikan karakter. Berdasarkan konsep tersebut ditemukan materi pendidikan karakter yang terbagi ke dalam 5 fase, yaitu: fase 5-6 tahun, fase 7-8 tahun, fase 9-10 tahun, fase 11-12 tahun, dan fase 13 tahun ke atas. Dan metode penerapan pendidikan karakter adalah metode commenting on student question, metode peringatan, metode perumpamaan, metode pembiasaan, metode discussion and feed-back, metode active interaction, metode honesty, metode reasoning and argumentation, dan metode tasywiq.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulaiman Jazuli
Date Deposited: 03 Jan 2017 01:54
Last Modified: 03 Jan 2017 01:54
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6992

Actions (login required)

View Item View Item