EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Agama Di SMA Negeri 7 Banjarmasin

Noor, Ellya (2016) Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Agama Di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (125kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (551kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (166kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (161kB)

ABSTRAK

Ellya Noor: Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Budaya Agama Di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Pembimbing Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, M.A dan Dr. Irfan Noor, M. Hum. Tesis, Prodi Pendidikan Islam, Konsentrasi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin (2016). Kata Kunci: Peran, Kepala Sekolah, Mengembangkan, Budaya Agama. Membangun budaya agama itu sangat penting karena akan mempengaruhi sikap, sifat dan tindakan siswa secara tidak langsung. Kepala sekolah memiliki peran sentral dalam membawa keberhasilan lembaga pendidikan. Terutama dalam membangun kultur sekolah yang kondusif untuk pengembangan budaya agama di sekolah. Fokus penelitian ini adalah tentang karakteristik budaya agama, peran kepala sekolah dalam mengembangkan budaya agama dan dukungan warga sekolah dalam mengembangkan budaya agama.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, karyawan, siswa dan orangtua siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan studi dokumenter. Analisis data dilakukan dengan dua langkah, yaitu saat pengumpulan data dan setelah pengumpulan data di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Karakteristik budaya agama di SMA Negeri 7 Banjarmasin meliputi : (a) Kerohanian Islam, (b) Jum’at Taqwa, (c) Baca Tulis al-Qur’an(BTA), (d) Sholat Dhuha dan Dhuhur berjama’ah, (e) Kegiatan ekstrakurikuler pembinaan bakat dan minat seni Islami(kaligrafi, seni baca al-Qur’an, marawis, nasyid), (f) Peningkatan prestasi dan perilaku yang positif, (g) Peringatan Hari Besar Keagamaan (PHBK), (h) Lokasi ramah lingkungan dan religi, (i) Do’a bersama, (j) Suasana berbusana Islami, (k) Pengajian yang marak dan bervariasi, (l) Bahasa Arab, (m) Malam Bina Iman dan Taqwa(MABIT), (n) Budaya berdakwah, (o) Budaya empati dan solidaritas, (p) Mengurangi budaya yang tidak sesuai dengan Islam, (q) Pembuatan bulletin keagamaan dan Mading, (r) Kebersihan dan keindahan lingkungan. (2) Peran kepala sekolah mengembangkan budaya agama yang di SMA Negeri 7 Banjarmasin dilakukan melalui: perencanaan (niat), keteladanan, kemitraan dan andil dalam dalam kegiatan serta evaluasi kegiatan terhadap kegiatan yang dijalankan. Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan sikap keberagamaan siswa yaitu dengan melalui pendekatan secara individual, pelatihan, pembiasaan, dan contoh (keteladanan). (3) Dukungan warga sekolah dalam mengembangkan budaya agama dari dukungan: kepala sekolah, guru/karyawan, siswa dan orangtua siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ellya Noor
Date Deposited: 30 Dec 2016 00:53
Last Modified: 30 Dec 2016 00:53
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6985

Actions (login required)

View Item View Item