EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Peningkatan Minat Penabung Melalui Kerjasama Bank Kalsel dengan Sekolah-Sekolah di Kota Banjarmasin

Khalilah Rahmawati, Ruhan (2015) Peningkatan Minat Penabung Melalui Kerjasama Bank Kalsel dengan Sekolah-Sekolah di Kota Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
LILAH I, II & III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV & V LILAH.pdf

Download (291kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang peningkatan Minat Penabung melalui kerjasama Bank Kalsel dengan sekolah-sekolah di Kota Banjarmasin. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas bentuk kerjasama yang dilakukan oleh Bank Kalsel dengan sekolah-sekolah di kota Banjarmasin dan peningkatan Minat Penabung melalui kerjasama Bank Kalsel dengan sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Sekolah Dasar di Kota Banjarmasin yang bekerjasama dengan Bank Kalsel, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh kepala sekolah, kepala tata usaha sekolah, siswa pada 5 sekolah yang dipilih dengan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, angket dan dokumenter. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, kerjasama yang dilakukan antara Bank Kalsel dengan sekolah-sekolah di Kota Banjarmasin bersifat temporer/berjangka dan akan diperpanjang setiap satu tahun sekali. Adapun peningkatan Minat Penabung melalui kerjasama Bank Kalsel dengan sekolah-sekolah di Kota Banjarmasin adalah: a) Kesadaran anak terkait keinginan untuk mengumpulkan uang untuk membeli kebutuhannya sendiri mencapai 85% pada kategori sangat setuju dan termasuk dalam kategori sangat tinggi yakni termasuk dalam interval 85% - 100%. b) Perasaan anak terkait pentingnya menabung mencapai 85% pada kategori sangat setuju dan termasuk dalam kategori sangat tinggi yakni termasuk dalam interval 85% - 100%. c) Kemauan anak untuk menyisihkan uang mencapai 65% pada kategori setuju dan termasuk dalam kategori tinggi yakni termasuk dalam interval 65% - 84%. d) Kemauan anak untuk tidak mengurangi saldo tabungan mencapai 66% pada kategori setuju dan termasuk dalam kategori tinggi yakni termasuk dalam interval 65% - 84%. e) Perasaan senang ketika mobil kas keliling bank Kalsel datang ke sekolah mencapai 41% pada kategori setuju dan termasuk dalam kategori rendah yakni termasuk dalam interval 25% - 44%. f) Perasaan ingin memperlihatkan saldo pada buku tabungan kepada orang lain mencapai 54% pada kategori setuju dan termasuk dalam kategori sedang yakni termasuk dalam interval 45% - 64%. Adapun hasil uji hipotesis menyebutkan bahwa variabel kerjasama (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kognisi (Y1), konasi (Y2) dan emosi (Y3). Adapun ditinjau dalam perspektif Ekonomi Islam, dibolehkan untuk melakukan mu’amalat termasuk di dalamnya melakukan kerjasama bisnis, selama tidak bertentangan dengan asas kemaslahatan dan tidak ada suatu dalil pun yang mengharamkannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LA History of education
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:44
Last Modified: 29 Jul 2015 03:44
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/692

Actions (login required)

View Item View Item