EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Konsepsi Sistem Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hasan Langgulung

Hatmiah, Hatmiah (2016) Konsepsi Sistem Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hasan Langgulung. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (541kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (278kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (498kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (737kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (214kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (87kB)

ABSTRAK

Hatmiah: Konsepsi Sistem Pendidikan Islam Dalam Perspektif Hasan Langgulung, di bawah bimbingan I: Prof. Dr. H. Kamrani Buseri, MA dan bimbingan II: Dr. Wahyudin, M.Si, pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin tahun 2016. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Perspektif, Hasan Langgulung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pandangan bahwa pendidikan Islam hingga saat ini nampak sering terlambat memposisikan diri dalam merespon perubahan dan kecenderungan perkembangan budaya masyarakat. Ketika pendidikan Islam mencoba menawarkan sistem pembelajaran secara integrated untuk memenuhi kekosongan salah satu di antara materi pendidikan umum dan materi pendidikan Islam, malah kebijakan ini seakan menjadi beban bagi peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan suatu upaya untuk melakukan pembaruan pada sistem pendidikan Islam. Sehubungan dengan hal ini, maka konsep pendidikan Islam yang dikemukakan oleh Hasan Langgulung sungguh masih sangat relevan dan diperlukan dalam dunia pendidikan sekarang ini. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mencari konsep sistem pendidikan Islam dalam perspektif Hasan Langgulung. Adapun penelitian ini dapat dikategorikan sebagai penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan hermeneutik. Dengan kata lain, penelitian ini hanya membahas tentang pemikiran suatu tokoh mengenai suatu hal dalam hal ini adalah tentang sistem pendidikan Islam. Dari penelitian ini maka penulis temukan bahwa dasar pendidikan Islam adalah Alquran dan Hadis, fungsinya untuk mengembangkan potensi (fitrah) yang ada pada diri manusia dan tujuannya adalah untuk membentuk manusia menjadi Abdullah dan Khalifatullah. Kemudian Ilmu yang diwahyukan, ilmu kemanusiaan, dan sains harus ada dalam kandungan kurikulum pendidikan Islam tersebut. Pengetahuan tersebut harus mencerminkan pengetahuan itu sendiri dan harus memiliki kadar waktu yang sesuai. Tidak ada kandungan kurikulum yang bersifat universal. Kandungan kurikulum tersebut juga harus dipadukan agar membuat peserta didik mempunyai kepribadian dan pengamatan yang terpadu mengenai realitas. Tidak ada yang namanya dualisme pengetahuan. Selanjutnya aspek spiritual, psikologis dan sosial juga harus ada dalam kandungan (isi) kurikulum. Pada sekolah menengah digunakan “Interdisciplinary Approach” sedangkan pada sekolah dasar digunakan “Basic Skills”. Pendidik juga harus menggunakan metode yang tepat dalam proses mengajar dan dalam memberikan penilaian beliau menekankan aspek kebijaksanaan (wisdom) dan budi mulia (virtues) disamping aspek memilih dan peneguhan (ganjaran). Selanjutnya peran guru dalam pendidikan Islam adalah sebagai transmitter, motivator dan fasilitator. Pendanaan merupakan tanggung jawab bersama dan menggabungkan sistem densentralisasi dan sentralisasi. Dalam hal pengelolaan (administrasi), ada terdapat beberapa prinsip admistrasi dalam Islam antara lain menekankan Iman dan akhlak dalam bekerja; keadilan dan persamaan; musyawarah; pembagian xiii kerja dan tugas; berpegang pada perencanaan, organisasi, supervisi, pengawasan dan follow up; penghargaan, pergaulan baik dan hubungan baik dengan pekerja; menekankan kemampuan, pengalaman, dan keikhlasan dalam pencalonan, pelantikan, penaikan pangkat dan pemberian mandat dalam pekerjaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: hatmiah ahmad yani
Date Deposited: 09 Dec 2016 07:46
Last Modified: 09 Dec 2016 07:46
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6897

Actions (login required)

View Item View Item