EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Evaluasi Pembelajaran BTA Di MI Al-Muhajirin Jl. Pramuka Kota Banjarmasin

Nashar, Rasyid (2014) Evaluasi Pembelajaran BTA Di MI Al-Muhajirin Jl. Pramuka Kota Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (193kB) | Preview

ABSTRAK

Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di sekolah selama ini sebagian besar masih belum optimal, hal ini mengakibatkan proses pembelajaran baca tulis Al- Qur’an belum mencapai tujuan yang diharapkan. Hal tersebut terjadi pada MI Al Muhajirin Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MI Al Muhajirin Banjarmasin. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru baca tulis Al-Qur’an. Sedangkan objeknya adalah pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MI Al Muhajirin Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumenter, selanjutnya diproses melalui reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran baca tulis Al- Qur’an di MI Al Muhajirin Banjarmasin belum terlaksana secara optimal. Pada tahap perencanaan guru tidak membuat program tahunan dan program semester, kemudian tidak lengkapnya komponen pada RPP seperti tidak sesuainya tujuan pembelajaran, guru tidak menggunakan komponen A-B-C-D, kemudian guru tidak mencantumkannya alokasi waktu pada kegiatan pembelajaran, dan tidak dicantumkannya soal-soal, kunci jawaban dan skor penilaian. Kemudian pada tahap pelaksanaan guru tidak menggunakan strategi yang bervariasi, guru hanya terpaku pada beberapa strategi saja, terbatasnya media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran, guru hanya menggunakan media dan alat peraga yang ada seperti papan tulis, spidol, Al-Quran, Juz Amma, dan buku tajwid.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 29 Jul 2015 01:06
Last Modified: 29 Jul 2015 01:06
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item