EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENGEMBANGAN KURIKULUM (Tinjauan Teoritis)

Syaifuddin, Sabda (2016) PENGEMBANGAN KURIKULUM (Tinjauan Teoritis). Aswaja Pressindo.

[img] Text
PENGEMBANGANKURIKULU.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Sekalipun keberadaan guru dan peserta didik sebagai subsistem pendidikan dianggap yang paling menentukan dalam proses dan keberhasilan pendidikan, namun keberadaan kurikulum yang diposisikan sebagai isi dan sekaligus sebagai proses pendidikan juga sangat menentu- kan. Dalam kata lain, bahwa eksestensi kurikulum dalam proses dan keberhasilan pendidikan juga tidak kalah pentingnya dibandingkan guru dan siswa. Bahkan sebuah upaya pendidikan tanpa adanya kurikulum dapat dikatakan upaya pendidikan tersebut tidak memiliki isi dan arah yang jelas. Meskipun keberadaan kurikulum dalam upaya pendidikan dianggap begitu penting, hanya saja dalam praktiknya konsep, implementasi dan evaluasi kurikulum banyak kurang dan bahkan kadangkala tidak dipahami secara baik oleh guru dan peserta didik, dan stackeholder pendidikan lainnya. Akibatnya keberadaan atau fungsi dan peran kurikulum menjadi tidak signifikan atau tidak membawa pengaruh yang berarti bagi proses pendidikan. Bahkan sebaliknya, keberadaan kurikulum yang tidak dipahami konsep, implementasi dan evaluasi- nya sering dianggap sebagai sesuatu yang menyulitkan bagi pelaku pendidikan. Oleh karena itu, pemahaman seluruh stackeholder pendidikan, para guru, siswa, orang tua, pimpinan lembaga pendidikan dan lainnya terhadap kurikulum menjadi sangat orgen untuk diperhatikan. Dalam perjalanan sejarahnya, kurikulum senantiasa berubah dan berganti. Hal itu telah menjadi sebuah keniscayaan, karena kurikulum sebagai isi dan proses pendidikan harus senantiasa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi dimana dan kapan kurikulum tersebut digunakan. Hal ini menambah penting pemahaman ter- hadap konsep setiap kurikulum yang ada, agar peng- implementasiannya sesuai dengan apa yang diharapkan oleh kurikulum itu sendiri. Selain itu, semakin terbukanya penerapan disentrali- sasi dan otonomi di bidang pendidikan yang berdampak pada makin besarnya kewenangan sekolah dan guru dalam pengelolaan pendidikan, termasuk di dalamnya pem- bagian kewenangan untuk mengembangkan dan menerjemahkan kurikulum dalam kegiatan pendidikan di masing-masing lembaga pendidikan, menuntut kepada semua stackeholder pendidikan, utamanya para guru, pimpinan lembaga pendidikan, dan pengawas pendidikan untuk bukan saja sekedar memahami konsep kurikulum, tetapi juga konsep dan pengembangan kurikulum. Oleh karena itu, pemahaman terhadap konsep dan teori pengembangan kurikulum juga menjadi sangat orgen untuk diperhatikan. Buku ini adalah salah satu buku yang mencoba mengetengahkan bahasan secara lebih komprehensif tentang konsep kurikulum dan pengembangan kurikulum dalam tinjauan teoritis. Sebagai bahasan teoritik yang diarahkan untuk memberikan pemahaman yang lebih luas kepada para pembacanya, maka berbagai konsep dan teori kurikulum dan pengembangan kurikulum sengaja diperkaya dengan berbagai pandangan dan konsep yang dikemukakan oleh berbagai ahli kurikulum.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Juhaidi Ahmad AJ
Date Deposited: 23 Nov 2016 04:54
Last Modified: 23 Nov 2016 04:54
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6835

Actions (login required)

View Item View Item