EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Pada Smk Farmasi Isfi Dan Smk Farmasi Pondok Pesantren Al-Furqan Banjarmasin

Ferdian, Reza (2016) Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Pada Smk Farmasi Isfi Dan Smk Farmasi Pondok Pesantren Al-Furqan Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (304kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (490kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (563kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa manajemen sarana dan prasarana pendidikan termasuk faktor penting dalam manajemen pendidikan. Bagi sekolah kejuruan, sarana dan prasarana pendidikan sangat penting, sebab pembelajaran banyak dilakukan dalam bentuk praktik dan simulasi. Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian adalah bagaimana manajemen sarana dan prasarana pendidikan pada SMK Farmasi ISFI dan SMK Farmasi Al-Furqan Banjarmasin, mencakup perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan. Lokasi penelitian di dua sekolah, yaitu di SMK Farmasi ISFI dan di SMK Farmasi Al-Furqan Banjarmasin. Subjek penelitian terdiri dari pengurus yayasan, kepala sekolah, guru, laboran dan siswa. Untuk mendapatkan data di lapangan digunakan teknik wawancara, observasi dan dokumenter. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa manajemen sarana dan prasarana pada SMK Farmasi ISFI Banjarmasin dan SMK Farmasi Al-Furqan Banjarmasin ditandai dengan perencanaan sarana dan prasarana, pengadaan, pendistribusian, pemeliharaan, inventarisasi dan penghapusan, yang disesuaikan dengan kemampuan, kebutuhan dan skala prioritas. Kekuatan manajemen sarana dan prasarana pada SMK Farmasi ISFI adalah kelengkapannya, lamanya usia sekolah, pengalaman dan kompetensi pimpinan sekolah dan guru-guru, sedangkan masalah yang dihadapi adalah keterbatasan lahan untuk menanam tanaman obat herbal, ruang praktik dan laboratorium yang terasa sempit dan sebagian sarana dan prasarana masih menggunakan alat-alat manual yang berusia lama. Kekuatan SMK Farmasi Al-Furqan terletak pembelajaran yang ditandai dengan penekanan pembinaan pendidikan agama dan ketersediaan asrama dan masjid/mushalla sekolah. Masalah yang dihadapi adalah keterbatasan pengadaan dan pembelian peralatan disebabkan dukungan keuangan yang terbatas dan perkembangan jumlah siswa yang belum signifikan. Pericincian manajemen sarana dan prasarana pendidikan pada kedua sekolah sebagai berikut: Perencanaan sarana dan prasarana pendidikan pada SMK Farmasi ISFI Banjarmasin disesuaikan dengan kebutuhan dan skala prioritas, sedangkan pada SMK Farmasi Al-Furqan disesuaikan dengan kemampuan sekolah dan jumlah siswa yang belum begitu banyak. Pengadaan sarana dan prasarana pada SMK SMK Farmasi ISFI dengan membangun, membeli, menyewa dan memelihara yang sudah ada, sedangkan pada SMK Farmasi Al-Furqan dengan membangun dan membeli. Pendistribusian sarana dan prasarana pada SMK Farmasi ISFI dibagi di kelas, laboratorium, ruang praktik vi dan ruang kepala sekolah, sedangkan di SMK Farmasi Al-Furqan semua ditempatkan di kelas dan ruang praktik. Penggunaan sarana dan prasarana pada SMK Farmasi ISFI dan SMK Farmasi Al-Furqan dilakukan oleh guru dan tenaga ahli yang sudah dipersiapkan sesuai dengan bidang keahliannya. Pemeliharaan sarana dan prasarana pada SMK Farmasi ISFI dilakukan oleh tenaga ahli yang ditunjuk sekolah, sedangkan pada SMK Farmasi Al-Furqan dipelihara oleh guru. Inventarisasi sarana dan prasarana pada SMK Farmasi ISFI dilakukan secara manual dalam buku inventaris, papan daftar inventaris serta dalam data base, sedangkan pada SMK Al-Furqan hanya dalam buku inventaris. Penghapusan sarana dan prasarana pada SMK Farmasi ISFI dengan dihibahkan, dijual dan dimusnahkan, sedangkan pada SMK Farmasi Al-Furqan belum ada yang dihapuskan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Reza Ferdian Fachrurrazi
Date Deposited: 22 Nov 2016 05:46
Last Modified: 22 Nov 2016 05:46
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6830

Available Versions of this Item

  • Manajemen Sarana Dan Prasarana Pendidikan Pada Smk Farmasi Isfi Dan Smk Farmasi Pondok Pesantren Al-Furqan Banjarmasin. (deposited 22 Nov 2016 05:46) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item