EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Minat Masyarakat Di SMAN 2 Amuntai

Fahriati, Fahriati (2016) Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Upaya Meningkatkan Minat Masyarakat Di SMAN 2 Amuntai. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (306kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (245kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (369kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (96kB)

ABSTRAK

Fahriati ; Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Minat Masyarakat di SMAN 2 Amuntai di bawah bimbingan I : Dr. Hj. Sessi Rewetty Rivilla, M.M.Pd., dan bimbingan II : Dr. M. Sabirin, M.Si, pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, tahun 2016. Pemasaran jasa pendidikan merupakan aktivitas dan alat untuk mempromosikan sekolah secara konsisten dan efektif sebagai pilihan pendidikan terbaik bagi orang tua siswa yang merupakan aset bagi masyarakat. Latar belakang masalah dalam tesis ini adalah persaingan antara lembaga pendidikan penghasil jasa pendidikan di Amuntai mengakibatkan minimnya jumlah siswa yang masuk terutama di SMAN 2 Amuntai, karena harus bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya, Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana manajemen pemasaran jasa pendidikan pada SMAN 2 Amuntai dalam upaya meningkatkan minat masyarakat dilihat dari fungsi manajemen dan upaya sekolah dalam meningkatkan minat masyarakat untuk bersekolah di SMAN 2 Amuntai. Selanjutnya, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh dan mendalam bagaimana upaya SMAN 2 Amuntai dalam meningkatkan minat masyarakat di lihat dari fungsi manajemen dan bauran pemasaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah para informan penelitian yang meliputi kepala sekolah, guru, staff Tu, masyarakat, serta dokumen-dokumen yang relevan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi manajemen POAC pemasaran jasa pendidikan di SMAN 2 Amuntai sudah dilaksanakan sesuai yang telah ditetapkan itu ditunjukkan dengan adanya a) Planning aktivitas dalam rapat yang diadakan di sekolah yang melibatkan kepala sekolah, dewan guru,staff, dan komite sekolah dalam hal menarik minat masyarakat untuk bersekolah di lembaga tersebut, b) organizing pembagian tugas dan tanggung jawab oleh kepala sekolah kepada tim personil yang ditunjuk dalam pemasaran jasa pendidikan, c) actuating melaksanaan tugas dan tanggungjawab masing-masing tim personil, dan d) controlling memantau dan mengkoordinasikan kinerja tim personil. Sedangkan upaya dalam meningkatkan minat masyarakat melalui unsur bauran pemasaran jasa pendidikan, a) produk di sekolah menambahkan kelas khusus olahraga, dan banyak ekstrakuliler yang bervariasi, b) harga/ biaya pendidikan untuk SPP, seragam, buku pendidikan gratis dan iuran siswa perbulan sebesar Rp. 15000,- , c) lokasi pendidikan di jalan Kebayuran Sungai Dikum Kab. Hulu Sungai Utara, Amuntai, Kalimantan Selatan, yang lokasinya bukan di komplek pendidikan tingkat SMA lainnya, tapi agak jauh ke belakang di sekitar perumahan warga. d) Promosi pemasaran jasa pendidikan yang dilaksanakan bervariasi, yaitu melalui mulut kemulut, event, brosur, phamplet, spanduk. e) Sumber daya yang ada terstruktur dengan baik di sekolah. f) Bukti fisik pendidikan tidak terlalu banyak renovasi sehingga keadaan gedung terlihat tua, tidak menarik dan biasa saja. g) Proses jasa pendidikan yang berlangsung di sekolah sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Fahriati Fakhri Ratu
Date Deposited: 02 Nov 2016 05:24
Last Modified: 02 Nov 2016 05:24
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6790

Actions (login required)

View Item View Item