EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Tentang Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan di Kelas IV Semester II MIN Ilung Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014

Haida, Ida (2015) Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Tentang Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan di Kelas IV Semester II MIN Ilung Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I SAMPAI DENGAN III.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV DAN BAB V.pdf

Download (585kB) | Preview

ABSTRAK

Haida. 2014. Penerapan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Matematika Tentang Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan di Kelas IV Semester II MIN Ilung Kecamatan Batang Alai Utara Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing: Drs. H. Hilmi Mizani, M.Ag. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tife NHT Penelitian ini bertujuan untuk meningkat hasil belajar siswa kelas IV semester II pada MIN Ilung untuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan strategi Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deksriptif kualitatif, penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus I dan siklus 2 teidiri dari 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Ilung pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 14 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentasi. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru mengalami peningkatan dari akhir siklus I ke akhir siklus 2 sebesar 40,7% menjadi 88,9%, jika pada siklus I masih ada beberapa komponen guru yang harus ditingkatkan yaitu memeriksa kesiapan siswa, appersepsi, motivasi, menguasai kelas, melaksakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang ingin dicapai, melaksakan pembelajaran secara runtun, mengaitkan materi dengan pengetahuan yang lain relevan, mengaitkan materi dengan realitas kehidupan, menggunakan media, menggunakan metode/strategi pembelajaran, menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran, menunjukkan respon terbuka terhadap respon siswa, menumbuhkan keceriaan dan antusias siswa dalam belajar, membuat rangkuman dengan melibatkan siswa, melakukan penilaian (tes) akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan), memberikan penghargaan, maka pada siklus II 16 komponen tersebut sudah bagus dilaksanakan oleh guru, (2) Aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran secara individual juga mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata sebesar 72,2% (akhir siklus 1) menjadi 94,4% di atas standar ketuntasan belajar minimum mata pelajaran Matematika yang telah ditetapkan 70,00. (3) Hasil belajar siswa secara kelompok juga mengalami peningkatan yaitu 57,1% (akhir siklus 1) menjadi 87,1% (akhir siklus2) dengan kategori sangat baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Adjie Ramaji Raudah
Date Deposited: 29 Jul 2015 03:41
Last Modified: 29 Jul 2015 03:41
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item View Item