EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN DAN TANTANGAN MODERNITAS (Kajian Kritis tentang Pemikiran Nurcholish Madjid)

M. Ramli, M. Ramli (2015) LEMBAGA PENDIDIKAN PESANTREN DAN TANTANGAN MODERNITAS (Kajian Kritis tentang Pemikiran Nurcholish Madjid). AL FALAH, 15 (28). pp. 111-130. ISSN 1829-717X

[img] Text
JURNAL ALFALAH 2015 .M. RAMLI 2.docx

Download (64kB)

ABSTRAK

Tulisan ini mengkaji pemikiran Nurcholish Madjid tentang pendidikan pesantren dan posisi pesantren dalam menghadapi modernitas, serta solusi yang ditawarkannya. Dalam pandangan Nurcholis Madjid pendidikan pesantren harus diarahkan pada weltanschuung Islam, yaitu: Tuhan, manusia, dan alam. Pada zaman modern ini pesantren dituntut untuk dapat menyesuaikan diri bagi perkembangan zaman, karena modernisasi merupakan sebuah keniscayaan. Untuk itu pesantren pada zaman modern ini mempunyai misi ganda (double missions) sekaligus, yaitu sebagai lembaga pendidikan keagamaan dan lembaga pengembangan ilmu pengetahuan (center of excellence). Sebagai lembaga pendidikan keagamaan, pesantren harus lebih menekankan pada rasa keagamaan. Sedangkan sebagai lembaga pengembangan ilmu pengetahuan, pesantren perlu penanganan secara serius, dengan membuat program yang jelas. Kata Kunci : Pendidikan, Pesantren, Modernitas, Nurcholish Madjid.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: mr jurnal alfalah
Date Deposited: 27 Sep 2016 05:39
Last Modified: 27 Sep 2016 05:39
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6677

Actions (login required)

View Item View Item