EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AL FALAH PUTERA BANJARBARU

M. Ramli, M. Ramli (2015) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN AL FALAH PUTERA BANJARBARU. AL FALAH, 15 (27). pp. 45-60. ISSN 1829-717X

[img] Text
JURNAL ALFALAH 2015 M. RAMLI 1.docx

Download (72kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan dan diakhiri dengan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subyek penelitian Pimpinan Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru, Koordinator, pengelola, Tata Usaha, Ustadz, santri serta beberapa pihak terkait. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara dan analisis dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan melakukan perpanjangan waktu penelitian dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Perencanaan: Perencanaan pebelajaran di Pondok Pesantren Al Falah Putera Banjarbaru telah dilaksanakan dengan baik dan berkelanjutan yakni setiap menjelang awal tahun ajaran. Pimpinan pondok bersama-sama dengan para koordinator, ustadz dan karyawan melakukan perencanaan satu tahun kedepan. 2)Pelaksanaan: Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dalam semua kegiatan santri di dalam maupun di luar kelas, secara umum terlaksana sesuai dengan perencanaan yang dilakukan sebelum pembelajaran dilaksanakan, mengacu pada kurikulum yang telah dikembangkan oleh pesantren secara mandiri, dengan metode yang bervariatif dan disesuaikan dengan kemampuan santri. Bahan ajar yang digunakan berupa (kutubut turats) kitab-kitab klasik yang telah ditetapkan oleh para pendahulu. 3) Evaluasi: Evaluasi pembelajaran terlaksana dengan baik yaitu sebagai tolok ukur keberhasilan proses pembelajaran. Dilakukan secara komprehensip, beragam dan rutin dan melibatkan semua unsur. Hasil evaluasi digunakan untuk seleksi, menentukan kenaikan kelas dan untuk pelaporan. Aspek yang diujikan kepada santri meliputi aspek pengetahuan, aspek sikap dan keterampilan. Kata kunci: Manajemen, Pembelajaran, Pondok Pesantren.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: mr jurnal alfalah
Date Deposited: 27 Sep 2016 05:39
Last Modified: 27 Sep 2016 05:39
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6676

Actions (login required)

View Item View Item