EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Manajemen Pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Banjar (Studi Komparatif Antara MIN Model Martapura dan MIN Model Tambak Sirang

Ruzhami, Eddy (2016) Manajemen Pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Banjar (Studi Komparatif Antara MIN Model Martapura dan MIN Model Tambak Sirang. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (475kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (566kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (12kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (690kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (565kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (683kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (590kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (282kB)

ABSTRAK

Eddy Ruzhami .Manajemen Pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Banjar (Studi Komparatif Antara MIN Model Martapura dan MIN Model Tambak Sirang, di bawah bimbingan I: Dr. Husnul Yakin, M.Ed., dan II: Dr. Ahmad Salabi, M.Pd., pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, (2016). Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Manajemen Pendidikan memiliki peran penting serta menjadi penentu proses pelaksanaan dan hasil pendidikan. Sebab itulah perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi adalah suatu keharusan yang dilakukan dan dipersiapkan secara matang. Atas dasar itu, fokus penelitian ini adalah bagaimana manajemen pendidikan yang terdiridari: (1) kurikulum dan pengajaran, (2) tenaga pendidik dan kependidikan, (3) kesiswaan, (4) keuangan dan pembiayaan, (5) sarana dan prasarana, (6) hubungan sekolah dengan masyarakat pada MIN Model Martapura dan MIN Model Tambak Sirang. Untuk memperoleh pemahaman terhadap fokus masalah tersebut, penulis menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data pada penelitian ini adalah para pengelola di lingkungan MIN Model Martapura dan MIN Model TambakSirang. Temuan penelitian ini dapat dikemukakan bahwa manajemen pendidikan di MIN Model Martapura dan MIN Model Tambak Sirang dalam hal manajemen pendidikan yang meliputi kurikulum, pendidikdan tenaga kependidikan, kesiswaan, keuangan dan pembiayaan, sarana dan parasarana, serta hubungan dengan masyarakat terdapat persamaan antara mekanisme yang diterapkan yakni melakukan langkah-langkah yang diawali, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan standar operasional dan standar layanan seragam. Adapun perbedaannya dapat dilihat: (1) pada manajemen kurikulum beban di MIN Model Martapura lebih berat dibandingkan dengan MIN Model Tambak Sirang, karena lokasi pembelajaran dua tempat dan murid yang banyak. (2) Manajemen Pendidik dan Kependidikan kedua Madrasah ini tidak ada perbedaan, karena mengikuti peraturan kementerian. (3) Manajemen Kesiswaan pada pelaksanaan rekrutmen di MIN Model Martapura dilaksanakan seleksi ketat, sedangkan di MIN Model Tambak Sirang semua pendaftar dapat diterima. (4) Manajemen Keuangan kedua madrasah ini status Satuan Kerja yang memiliki dana APBN DIPA yang diberikan wewenang untuk mengelola. MIN Model Martapura lebih besar dari MIN Model Tambak Sirang dalam hal keuangan yang harus dikelola karena jumlah siswa dan guru MIN Model Martapura serta ruangan lebih banyak dari MIN Model Tambak sirang. (5) Manajemen sarana dan prasarana juga lebih berat yang dikelola oleh MIN Model Martapura dibandingkan dengan MIN Model Tambak Sirang. (6) Pelaksanaan manajemen kehumasan kedua buah MIN Model ini belum maksimal, karena manajer-manajernya sibuk dengan tugas rutin perkantoran dan 5 manajemen yang disebutkan di atas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 22 Sep 2016 04:13
Last Modified: 22 Sep 2016 04:13
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6652

Actions (login required)

View Item View Item