EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 43 Dan PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu Di Kota Banjarmasin)

Martini, Akhmadi (2015) Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 43 Dan PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu Di Kota Banjarmasin). Tesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (232kB) | Preview

ABSTRAK

Martini: Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus Di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 43 Dan PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu Di Kota Banjarmasin), di bawah bimbingan (1) Prof. Dr. H. Asmaran, MA dan (2) Dr. H. Burhanuddin Abdullah, M. Ag. Tesis pada program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2014 Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pendidikan Anak Usia Dini Krisis moral yang dialami oleh bangsa kita saat ini sebagian besar disebabkan oleh pendidikan kita kehilangan nilai-nilai luhur kemanusiaan. Untuk itu diperlukan pendidikan karakter yang perlu diberikan sejak anak usia dini yang merupakan periode awal yang paling penting dan mendasar di sepanjang pertumbuhan dan perkembangan hidup manusia. Periode ini adalah masa pembentukan karakter, pengalaman sosial awal yang sangat menentukan kepribadian anak setelah anak menjadi dewasa. Pendidikan karakter pada anak usia dini salah satunya bisa diselenggarakan melalui suatu lembaga yang disebut PAUD. Ada dua lembaga PAUD di kota Banjarmasin yang mau diteliti, yakni: TK Aisyiyah Busthanul Athfal 43 dan PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu. Permasalahan penelitian ini: Bagaimana pelaksanaan Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 43 dan PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu? Bagaimana perbandingan pelaksanaan Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 43 dan PAUD Alam Berbasis Karakter Sayang Ibu? Penelitian ini berjenis field reserach (penelitian lapangan) menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan diskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala TK, guru, siswa, visi, misi, program pelajaran, rencana kegiatan mingguan dan harian, sedangkan prosedur pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan analisis data kualitatif melaui memilih data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa: (1) Pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Anak Usia Dini di kedua lembaga terbagi atas tiga, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan penilaian/evaluasi. (2) Perbandingan pelaksanaan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Anak Usia Dini di kedua lembaga terbagi dalam tiga bidang yaitu pelaksanaan, materi dan metode. (3) Pelaksanaan Pendidikan Karakter sama-sama terbagi dua, yaitu kegiatan tetap/rutin yang dilakukan di kelompok dan kegiatan tidak tetap/berubah-rubah. Perbedaannya adalah pada pembagian waktu pelaksanaan dan hari efektif belajar (4) Materi Pendidikan sama-sama diprogramkan selama satu tahun dalam bentuk tema yang diintegrasikan dengan karakter. Perbedaannya adalah materi pilar karakter yang dicantumkan dalam program di PAUD Alam, sedangkan di TK Aisyiyah tidak (5) Metode Pendidikan Karakter sama-sama menggunakan metode bermain, bercerita, bercakap-cakap dan tanya jawab, demonstrasi, eksprimen, keteladanan, pembiasaan dan disiplin. Perbedaannya di PAUD Alam ditambah dengan menggunakan metode sosiodrama/bermain peran. (6) Efektifitas pendidikan karakter di TK Aisyiyah dan PAUD Alam dapat dilihat dari sikap-sikap yang ditunjukkan oleh anak didik di kedua lembaga PAUD seperti mau mengucapkan salam dan berjabat tangan, mau antri, mau berbagi, mendengarkan orang lain bicara dengan tenang, bicara sopan/baik, mau ikut kegiatan sesuai aturan seperti mengaji, sholat, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 28 Jul 2015 07:18
Last Modified: 28 Jul 2015 07:18
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/663

Actions (login required)

View Item View Item