EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pembinaan dan Pengembangan Karir Guru PNS Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Di Kabupaten Tapin

Noor, Nahdian (2016) Pembinaan dan Pengembangan Karir Guru PNS Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Di Kabupaten Tapin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Image
PERNYATAAN 001.jpg

Download (9kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (123kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (110kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (58kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (392kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (82kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (690kB)

ABSTRAK

Nahdian Noor, Pembinaan dan Pengembangan Karir Guru PNS Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri Di Kabupaten Tapin, Tesis, pada Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, 2013, Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M.Ag dan (II) Dr. Ahmad Salabi, M.Pd Kata Kunci : Pembinaan, Pengembangan, dan Karir Karir merupakan suatu kondisi yang menunjukkan adanya peningkatan status kepegawaian seseorang dalam suatu organisasi sesuai dengan jalur karir yang telah ditetapkan organisasi. Pembinaan dan pengembangan karir merujuk pada proses pengembangan keyakinan dan nilai, keterampilan dan bakat, minat, karakteristik kepribadian, dan pengetahuan tentang dunia kerja sepanjang hayat. Berdasarkan hal di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembinaan karir guru PNS Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Tapin, 2) Bagaimana pengembangan karir guru PNS Pada Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kabupaten Tapin. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumenter. Analisis dilakukan selama pengumpulan data dan sesudah semua data terkumpul. Uji keabsahan dilakukan dengan teknik: standar kredibilitas transfera-bilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Temuan penelitian ini adalah: 1) Pembinaan karir PNS pada MIN di Kabupaten Tapin dilakukan berupa penugasan baik yang bersifat pokok yakni pemberian tugas mengajar bagi guru sebanyak 24 jam pelajaran, dan penugasan lainnya berupa tugas tambahan sebagai wali kelas, serta pelaksanaan diklat kedisiplinan. Pelaksanaan pembinaan karir guru adalam dalam bentuk pemberian petunjuk-petunjuk dan penjelasan-penjelasan oleh Kepala Madrasah yang dilakukan secara berkala dalam rapat dewan guru, yang berkaitan dengan bagaimana merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran serta pelaksanaan diklat dan peningkatan absendi kehadiran. Evaluasi dilakukan melalui pengumpulan kelengkapan berkas administrasi pembelajaran serta pemantauan atau pengamatan secara langsung di kelas tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melalui kegiatan PKG dan DP3/SKP. Kepala Madrasah dan Pengawas Madrasah yang merupakan atasan langsung bagi memegang perana dan pengaruh yang sangat besar dalam upaya-upaya pembinaan dan pengembangan karir para guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kabupaten Tapin. Kepala Madrasah terutama dalam melaksanakan fungsi sebagai pemberi motivasi, pemegang wewenang tertinggi dan kontrol, serta evaluasi terhadap aktifitas dan kinerja para guru di lingkup madrasah yang dipimpinnya. Sedangkan Pengawas Madrasah turut membina sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sebagai pengawas dalam meningkatkan kinerja guru di madrasah; dan 2) Pengembangan karir guru PNS pada MIN di Kabupaten Tapin berupa kenaikan pangkat dan promosi jabatan. Kepala madrasah memotivasi dan mendorong untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, serta mengikutsertakan para guru dalam berbagai kegiatan keprofesian dan penelitian ilmiah. Pihak guru berusaha mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai kegiatan kependidikan dan mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran melalui PTK serta melanjutkan studi. Evaluasi dilakukan melalui penilaian kinerja guru yang bersifat pokok minimal 80% dan unsur penunjang minimal 20%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Nahdian Nahdian Noor
Date Deposited: 13 Oct 2016 01:44
Last Modified: 13 Oct 2016 01:44
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6609

Actions (login required)

View Item View Item