EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

PENGARUH PENINGKATAN PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN

Juhairiyah, Simah (2015) PENGARUH PENINGKATAN PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN. Skripsi, Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
BAB I, II & III Revisi.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV & V Revisi.pdf

Download (251kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang pengaruh peningkatan pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara jelas pengaruh peningkatan pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Banjarmasin secara parsial dan secara simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Banjarmasin, sedangkan sampel penelitian ini adalah 100 orang pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Banjarmasin yang diambil menggunakan teknik purpusive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, wawancara dan dokumenter. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, pengaruh peningkatan pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Banjarmasin adalah pengaruh peningkatan pelayanan keperawatan terkait penerimaan, perhatian, komunikasi, kerjasama dan tanggung jawab terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Secara parsial adalah variabel penerimaan, perhatian, komunikasi dan kerjasama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan pasien karena nilai Ttabel masing-masing variabel lebih kecil dibandingkan dengan nilai Thitung pada masing-masing variabel, sedangkan variabel tanggung jawab tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan pasien karena nilai Ttabel lebih besar dibandingkan dengan nilai Thitung pada variabel tanggung jawab. Adapun hasil uji hipotesis pengaruh peningkatan pelayanan keperawatan terkait penerimaan, perhatian, komunikasi, kerjasama dan tanggung jawab terhadap kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Secara simultan menyatakan bahwa secara bersama-sama (simultan) variabel penerimaan, perhatian, komunikasi, kerjasama dan tanggung jawab berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan pasien atau H1 diterima dan H0 ditolak. Pengaruh peningkatan pelayanan keperawatan terhadap kepuasan pasien sudah sesuai dengan ketentuan Islam yang menyatakan bahwa perbuatan baik akan melahirkan kebaikan atau dengan kata lain, pelayanan yang baik akan menumbuhkan kepuasan dalam diri pasien.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LA History of education
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 28 Jul 2015 07:18
Last Modified: 28 Jul 2015 07:18
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/657

Actions (login required)

View Item View Item