EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Menghargai dan Menaati keputusan Bersama Melalui Strategi Index Card Match Pada siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar

Mariatul, Kiptiah (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Materi Menghargai dan Menaati keputusan Bersama Melalui Strategi Index Card Match Pada siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Pembantanan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (874kB) | Preview

ABSTRAK

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memahami materi menghargai dan menaati keputusan bersama dan hasil belajar yang belum maksimal. Melalui penerapan strategi index card match diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa memahami materi menghargaidan menaati keputusan bersama, sehingga nilai belajar siswa juga meningkat dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dengan masing-masing 2 kali pertemuan atau 4 (2x35 menit) di Kelas VA MIN Pembantannan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran PKn dan siswa kelas VA MIN Pembantanan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar pada semester II tahun pelajaran 2013-2014 dengan jumlah siswa sebanyak 27 orang terdiri dari 14 orang siswa dan 13 orang siswi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Setiap pembelajaran dilaksanakan dengan menerapkan strategi index card match dalam upaya meningkatkan pembelajaran PKn, sehingga diperoleh hasil bahwa dengan penerapan strategi index card match mempunyai pengaruh yang positif dalam rangka meningkatkan pemahaman, aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari beberapa hal yaitu, kegiatan guru dalam pembelajaran meningkat dari persentasi 67,7% hingga 92,7%. Serta meningkatnya aktivitas siswa dari 66% menjadi 86% dengan hasil belajar dari rata-rata 64 hingga 77,4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi index card match dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas VA materi menghargai dan menaati keputusan bersama di MIN Pembantanan Kecamatan Sungai Tabuk Kabupaten Banjar dengan hasil yang baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 28 Jul 2015 07:19
Last Modified: 28 Jul 2015 07:19
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/653

Actions (login required)

View Item View Item