EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Aspek Kemampuan Berbicara Melalui Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MIN Jumba Kecamatan Amuntai Selatan

Arbayati, Fahrida (2015) Meningkatkan Aspek Kemampuan Berbicara Melalui Diskusi Kelompok Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV MIN Jumba Kecamatan Amuntai Selatan. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (337kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa ada kecenderungan siswa memiliki kemampuan berbicara yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan aspek kemampuan berbicara dengan metode diskusi kelompok pada siswa kelas IV MIN Jumba Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mendeskripsi meningkatkan aspek kemampuan berbicara dengan metode diskusi kelompok pada siswa kelas IV MIN Jumba Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas.Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan berbicara dan penggunaan metodediskusi kelompok. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IV MIN Jumba Tahun Pelajaran 2013/2014. Prosedur penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan desain penelitian menggunakan model yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan berdasarkan teknik tes dan nontes. Teknik tes dilakukan dengan tes kemampuan berbicara dan non tes dilakukan dengan pengamatan dan wawancara. Analisis ini menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif berdasarkan jenis datanya. Dari penelitian ini diketahui bahwa Hasil belajar siswa telah tercapai, ditunjukkan dengan nilai daya serap perorangan peserta didik pada kondisi awal sebelum siklus sebesar 60, meningkat pada siklus I sebesar 70 dan meningkat lagi pada siklus II menjadi menjadi 80 melebihi target KKM yang ditentukan, yaitu 70; dan daya serap klasikal (kelas) siswa pada siklus I sebesar 60% meningkat pada sikus II menjadi 95% melebihi target KKM yang ditentukan sebesar 85%; Berdasarkan hasil penelitian diajukan beberapa saran: (1) pembelajaran berbicara melalui metode diskusi kelompok dapat digunakan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran bahasa. (2) pembelajaran melalui metode diskusi kelompok dapat digunakan untuk mengembangkan penelitian tindakan kelas pada materi yang lain, dan (3) pembelajaran berbicara dengan melalui metode diskusi kelompok dapat digunakan untukmeningkatkan proses pengembangan kepribadian dan kedewasaan berpikir, khususnya kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 28 Jul 2015 07:19
Last Modified: 28 Jul 2015 07:19
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item View Item