EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pembelajaran Akidah Dalam Menanamkan Pemahaman Dan Keyakinan Tentang Rukun Iman Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kota Banjarmasin

Kartini, Kartini (2016) Pembelajaran Akidah Dalam Menanamkan Pemahaman Dan Keyakinan Tentang Rukun Iman Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kota Banjarmasin. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (423kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (704kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (575kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (644kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (325kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (98kB)

ABSTRAK

Kartini: Pembelajaran Akidah Dalam Menanamkan Pemahaman Dan Keyakinan TentangRukun Iman Pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Di Kota Banjarmasin, di bawah bimbingan (1) Dr.H. Burhanuddin Abdullah, M.Ag, dan (2) Dr.Hj. Salamah, M.Pd. Tesis pada Program Pascasarjana IAIN Antasari Banjarmasin, Tahun 2016. Kata Kunci: pembelajaran Akidah, penanaman, pemahaman dan keyakinan, Rukun Iman. Tesis ini dilatarbelakangi permasalahanpembelajaran Akidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Banjarmasin,Di mana kualitas pembelajaran masih rendah,hasil belajar masih minim, model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional,kurang mempersiapkan materi, sehingga menjadikan siswa kurang berminat dan bergairah bahkan mengalami kejenuhan dalam belajar,padahal pembelajaran Akidah Akhlak pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Banjarmasin ini adalah mata pelajaran yang sarat nilai, mata pelajaran yang hasil belajarnya itu adalah nilai-nilai yang tertanam dalam diri siswa. Tesis ini bertujuan utnuk mendeskripsikan tentang pembelajaran Akidah dalam menanamkan pemahaman dan keyakinan tentang Rukun Iman pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan jenis penelitian lapangan (field research).Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data adalah analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan sejak penggalian data dilapangan, melalui langkah-langkah, yaitu mengumpulkan data, display data, reduksi data, kemudian menyimpulkan dan melaporkan data dari hasil penelitian dalam sebuah tesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kondisi siswa pada Madrasah Tsanawiyah Negeri diKota Banjarmasin, yaitu latar belakang pendidikan siswa lebih besar lulusan MI/sederajat, sehingga dalam penanaman Akidah lebih kuat, latar belakang pendidikan orang tua sebagian besar lulusan MA/sederajat, sehingga tidak sulit lagi orang tua membiasakan diri dalam memberikan tuntunan agama terhadap anaknya, kesiapan siswa menunjukkan siap dari segi fisik yaitu tertib masuk kelas, datang tidak terlambat, sehingga mereka siap dalam menerima materi pembelajaran. Kelengkapan fasilitas belajar seperti membawa buku pelajaran, LKS, pensil dan bolpoint, selalu mengerjakan tugas atau PR.(2) Desain pembelajaran Akidah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Banjarmasin,yaitu perencanaan menunjukkan baik dalam merencanakan pembelajaran meliputi tujuan, materi, metode dan evaluasi. Sedangkan proses pembelajaran mengarahkan dan membimbing kegiatan guru dan siswa dalam proses pembelajaran, sehingga penanaman nilai-nilai Akidah kepada siswa seperti ceramah pada proses pembelajaran di kelas, dan evaluasi menunjukkan baik dilaksanakan dengan acuan yang telah ditetapkan oleh sekolah.(3)Pelaksanaan ix pembelajaran Akidah pada Madrasah Tsanawiyah Negeri di Kota Banjarmasin, yaitu aktivitas guru menunjukkan baik dalam proses pembelajaran Akidah, sehingga terjadi proses interaksi antara guru dan siswa aktivitas, menunjukkan baik, artinya terjadi proses interaksi antara guru dan siswa di kelas.(4) Pelaksanaan evaluasi, perencanaanmenunjukkan baik, sehingga dalam pelaksanaan pun terlihat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan guru, pelaksanaan evaluasi melalui penilaian sikap menunjukkanbaik, hal ini tampak pada aspek sikap yang ditunjukkan oleh siswa, penerapan evaluasi pembelajaran Akidahmenunjukkan baik, dengan berpedoman kepada ketiga ranah yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik, sehingga dalam pelaksanaan pun terasa sangat baik sekali.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Kartini Kartini
Date Deposited: 30 Aug 2016 02:27
Last Modified: 30 Aug 2016 02:27
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6486

Actions (login required)

View Item View Item