EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

”Bauran Promosi Penghimpun Dana Deposito Jangka Panjang Pada Bank Muamalat Cabang Banjarmasin”

Arina, Pramudita (2015) ”Bauran Promosi Penghimpun Dana Deposito Jangka Panjang Pada Bank Muamalat Cabang Banjarmasin”. Skripsi, Syariah Dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (923kB) | Preview

ABSTRAK

Arina Pramudita, 2015, ”Bauran Promosi Penghimpun Dana Deposito Jangka Panjang Pada Bank Muamalat Cabang Banjarmasin”. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Antasari Banjarmasin. Pembimbing: (1) Dr. Nurkolis, M.Ag (2) H. Abdul Gafur, L.Ph, MM. Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin yang nasabahnya lebih banyak tertarik mendepositokan dananya dalam bentuk investasi deposito jangka pendek (≤ dari 6 bulan), dari pada investasi deposito jangka panjang (≥ dari 6 bulan). Padahal semakin lama seorang deposan mendepositokan dananya, maka akan memperoleh nisbah bagi hasil yang lebih besar yang diberikan Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bauran promosi yang dilakukan bank dalam meningkatkan jumlah nasabah penghimpun dana deposito jangka panjang, kendala yang dihadapi, dan solusi Bank Muamalat Indonesia Cabang Banjarmasin dalam meningkatkan jumlah nasabah penghimpun dana deposito jangka panjang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), bersifat deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah bauran promosi bank dalam meningkatkan jumlah nasabah penghimpun dana deposito jangka panjang pada Bank Muamalat Cabang Banjarmasin. Data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara. Sedangkan data sekunder diperoleh dari hasil penelitian kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian ini. Dari penelitian yang penulis lakukan maka menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut: Upaya yang dilakukan Bank Muamalat dalam meningkatkan jumlah nasabah produk penghimpun dana deposito jangka panjang adalah menggunakan beberapa strategi bauran promosi, meliputi empat variable dalam bauran promosi yaitu: Pertama, dengan strategi periklanan. Kedua, promosi penjualan. Ketiga, promosi pribadi. Keempat, melalui hubungan masyarakat. Kendala terbesar yang dihadapi Bank Muamalat antara lain, yaitu: Pertama, dari faktor eksternal dimana pengetahuan masyarakat masih sangat minim tentang keberadaan Bank Muamalat karena keberadaannya masih sedikit dan belum merata di Banjarmasin, sehingga membuat pengetahuan masyarakat khususnya tentang Bank Muamalat masih kurang, dan banyak masyarakat yang menganggap sistemnya hampir sama dengan bank konvensional. Kedua, kendala lainnya yang harus dihadapi adalah adanya persaingan antar bank, baik persaingan dengan bank syariah ataupun bank konvensional. Solusi dalam mehadapi kendala tersebut bahwasanya Bank Muamalat gencar melakukan sosialisasi dan promosi baik secara langsung maupun tidak langsung, selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada setiap nasabah maupun calon nasabah Bank Muamalat dengan memberikan pelayanan prima, memberikan kemudahan serta fasilitas penunjang dalam bertransaksi, bagi hasil optimal serta transparan, dan bahkan Bank Muamalat juga tidak segan-segan memberikan spesial nisbah yang tinggi bagi nasabah yang mendepositkan danannya hingga mencapai minimal Rp. 100 juta.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 28 Jul 2015 07:19
Last Modified: 28 Jul 2015 07:19
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item