EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Studi Korelasi antara Nilai Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Perilaku Islami pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kebun Bunga Kelurahan Karang Mekar Kecamatan Banjarmasin Timur

Solihin, Rahmat (2015) Studi Korelasi antara Nilai Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Perilaku Islami pada Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Kebun Bunga Kelurahan Karang Mekar Kecamatan Banjarmasin Timur. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (385kB) | Preview

ABSTRAK

Pendidikan merupakan proses pembelajaran dimana seseorang bisa berubah kearah yang lebih baik. Perubahan yang tidak hanya dari segi pengetahuan saja, akan tetapi juga dari segi sikap, pola fikir, dan perilaku sehari-hari. Oleh karena itu, seorang yang berprestasi tentunya akan memiliki pola fikir dan perilaku yang baik pula. Terlebih lagi pada mata pelajaran PAI, seyogyanya siswa yang memiliki nilai mata pelajaran PAI yang tinggi juga memiliki perilaku Islami yang baik dalam kesehariannya. Berdasarkan pemahaman ini, maka penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai mata pelajaran PAI siswa, kemudian bagaimana perilaku Islami siswa, serta untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara keduanya, yaitu korelasi antara nilai mata pelajaran PAI dengan perilaku Islami siswa kelas V MIN Kebun Bunga Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas V MIN Kebun Bunga Banjarmasin dengan jumlah responden 29 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuisioner/angket, observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan data bahwa nilai mata pelajaran PAI siswa kelas V MIN Kebun Bunga berada pada tingkat yang baik dengan nilai rata-rata 83,15. Kemudian perilaku Islami siswa kelas V MIN Kebun Bunga berada pada tingkat yang baik pula yaitu dengan skor rata-rata angket 108,5. Setelah data dari kedua variabel ini didapatkan, lalu dilakukan uji hipotesis untuk mengetahui besarnya korelasi antara kedua variabel tersebut dengan menggunakan rumus korelasi produst moment didapatkan data dengan hasil “r” yaitu 0,031. Setelah dikonsultasikan pada tabel Nilai r Product Moment dengan jumlah N atau responden sebanyak 29 orang yaitu: N pada signifikansi 5% = 0,367; dan N pada signifikansi 1% = 0,470. Maka hipotesis yang diterima adalah H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan perilaku Islami siswa kelas V MIN Kebun Bunga Banjarmasin. Melalui penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa seorang siswa yang nilai mata pelajaran PAI-nya tinggi belum tentu perilaku Islaminya baik. Begitu pula sebaliknya, seorang siswa yang nilai mata pelajaran PAI-nya rendah belum tentu perilaku Islaminya tidak baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 28 Jul 2015 02:53
Last Modified: 28 Jul 2015 02:53
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/646

Actions (login required)

View Item View Item