EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Reformasi Pendidikan Islam Perspektif Syed Muhammad Naquib al-Attas

Muliawan, Cahyo (2016) Reformasi Pendidikan Islam Perspektif Syed Muhammad Naquib al-Attas. Tesis, Pascasarjana.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (262kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (441kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (758kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (453kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (131kB)

ABSTRAK

Cahyo Muliawan. Reformasi Pendidikan Islam Perspektif Syed Muhammad Naquib al-Attas. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, IAIN Antasari, Banjarmasin, 2016. Pendidikan merupakan hal yang urgen di dalam kehidupan setiap manusia. Peradaban yang bermatabat adalah peradaban yang memiliki sistem pendidikan yang maju dan mempunyai integritas yang diakui. Pendidikan Islam sebagai pendidikan yang berasaskan wahyu dan sunnah harus terus bisa meningkatkan segala aspek di dalamnya sebagai upaya reformasi sebagai bentuk perbaikan dan penyempurnaan. Berbagai pemikiran dan solusi telah dikemukakan oleh para ahli dalam upaya reformasi tersebut, terutama menyangkut paradigma, tujuan dan konsep pendidikan Islam. Salah satu tokoh yang memformulasikan reformasi pendidikan Islam adalah Syed Muhammad Naquib Al-Attas, beliau adalah salah seorang intelektual Muslim yang memberikan kontribusi baru dalam dunia pendidikan Islam. Adapun fokus dari penelitian ini adalah meneliti apa saja konsep reformasi Syed Muhammad Naquib Al-Attas dalam pendidikan Islam dan Implemetasinya. Sedangkan tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mengkaji reformasi pendidikan Islam menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pendekatan library research yaitu lebih menitikberatkan pada pengumpulan data dari berbagai sumber yang relevan. Dalam hal ini mencakup buku-buku, internet, dan hasil penelitian yang terkait dengan judul karya ilmiah ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas kemunduran umat Islam saat ini adalah dikarenakan kerancuan dalam ilmu pengetahuan (confusion of knownladge). Rancunya Ilmu pengetahuan akan mengakibatkan hilangnya adab (loss of adab), salah satu sebab dari kerancuan tersebut adalah bercampurnya ilmu pengetahuan dengan faham sekularisme. Solusi dari semua permasalah tersebut menurutnya dapat ditanggulangi dengan dilakukannya reformasi pendidikan Islam. Reformasi pendidikan Islam al-Attas mencakup sistem dan kurikulum pendidikan Islam, yaitu dari segi paradigma, epistemology, konsep dan tujuan pendidikan Islam. Menurutnya, AlQuran dan Sunnah harus menjadi tolak ukur utama dalam epistemologi pendidikan Islam. Tujuan mencari pengetahuan dalam Islam ialah menanamkan kebaikan dalam diri manusia sebagai manusia dan sebagai diri individual. Tujuan akhir pendidikan Islam ialah menghasilkan manusia yang baik. Manusia yang baik dan beradab akan terlahir melalui proses yang telah menjadi konsep pendidikan Islam dan dinamakannya dengan “ta’dib”. formulasi reformasi pendidikan Syed Muhammad Naquib Al-Attas diimplementasikan melalui perwujudan paling tinggi dan paling sempurna dari sistem pendidikan tersebut, yakni universitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Depositing User: cahyo cahyo cahyo
Date Deposited: 24 Aug 2016 05:11
Last Modified: 24 Aug 2016 05:11
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6409

Actions (login required)

View Item View Item