EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Peran Perhatian Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Banjarmasi

Marzuki, Masrani (2015) Peran Perhatian Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Banjarmasi. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (378kB) | Preview

ABSTRAK

Marzuki. 2015. Peran Perhatian Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Banjarmasi. Skripsi, Jurusan Kependidikan Islam–Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Isny Lellya, M. Ag. Kata Kunci: Peran Orang tua Anak yang duduk dibangku Sekolah Menengah Pertama merupakan siswa yang ada pada umumnya berusia 12-16 tahun yang sedang menjalankan tahap perkembangan diri, dari perkembangan anak-anak ke masa remaja awal. Tahap perkembangan remaja awal tersebut merupakan tahap kritis yang amat memerlukan perhatian khusus oleh orang tua. Dalam tahapan ini anak sedang mencari jati diri dan juga perlunya perhatian dalam hal motivasi belajarnya. Dari itu penulis ingin mengadakan penelitian, yang berjudul “Peran Perhatian Orang Tua dalam Memotivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Banjarmasin”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran perhatian orang tua dalam memotivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Banjarmasin dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perhatian orang tua dalam memotivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran perhatian orang tua dalam memotivasi belajar siswa dan apa saja faktor yang mempengaruhi perhatian orang tua dalam memotivasi belajar siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 11 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode diskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik yaitu; wawancara, observasi, dan dokumentasi. Semua data dikumpulkan kemudian diproses melalui reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Selanjutnya data disajikan dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan bentuk pemaparan uraian dan disimpulkan. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti terhadap permasalahan yang ada dalam rumusan masalah penelitian, bahwa peran perhatian orang tua dalam memotivasi belajar siswa di SMP Negeri 11 Banjarmasin termasuk kategori kurang maksimal, terlihat dari hasil yang telah diuraikan peneliti di dalam skripsi ini. Baik dalam pemberian bimbingan, yang meliputi memberi nasehat tentang belajar, semangat sekolah dan membantu anak dalam kesulitan memahami pelajaran. Mengawasi, yang meliputi menanyakan tugas/PR yang diberikan sekolah dan mendampingi anak waktu belajar di rumah tidak semua melakukan. Mendorong, yang meliputi memberikan hadiah kepada anak yang mendapat nilai yang baik dan memberi hukuman kepada anak yang tidak mau belajar di rumah. Serta melengkapi fasilitas belajar anak, yang meliputi penyediaan alat tulis dan buku tulis, menyediakan buku pelajaran dan meja belajar, dan menyediakan waktu khusus kepada anak untuk belajar

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 28 Jul 2015 02:36
Last Modified: 28 Jul 2015 02:36
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item