EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Telaah Kurikulum Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah

Surawardi, Surawardi (2015) Telaah Kurikulum Aqidah Akhlak Madrasah Ibtidaiyah. Guidance And Counseling, 1 (1). pp. 1-18. ISSN 2442-403x

[img] Text
14. Guidance Vol 1 issue 1.pdf

Download (119kB)

ABSTRAK

Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah itu lebih kompleks jika dibandingkan dengan Sekolah Dasar pada umumnya, karena di dalamnya mencakup mata pelajaran Al-Qur’an Hadis, Fiqih, Akidah Akhlak, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Pada mata pelajaran Aqidah Akhlak lebih ditekankan pada pemahaman keimanan dan adab. Hal itu dapat dilihat dalam susunan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang berisi tentang pemahaman keimanan, kalimat thayyibah, membiasakan akhlak terpuji, dan menghindari akhlak tercela. Kurikulum Pendidikan Agama Islam khususnya Mata pelajaran Aqidah Akhlak pada Madrasah Ibtidiyah pada hakikatnya telah disesuaikan dengan landasan dan prinsip pengembangan kurikulum, akan tetapi yang namanya buatan manusia pasti tidak akan sesempurna buatan Tuhan. Misalnya pada kurikulum Aqidah Akhlak kelas I dan III menggunakan pendekatan tematik yang lebih menekankan kepada pemaknaan dan pemahaman materi tetapi dari SK/KD yang dirumuskan bertolak dari pendekatan ini yakni adanya penekanan kemampuan pada aspek hafalan pada materi-materi aqidah akhlak. Oleh karena itu perlu ditelaah lagi kurikulum tersebut agar mendekati sempurna terutama menyangkut pendekatan/strategi dan metode yang disesuaikan dengan materi, kemampuan anak dan guru ketersediaan ICT serta dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi dimana proses pembelajaran tersebut berlangsung dan dilaksanakan mulai dari kelas I hingga kelas VI. Evaluasi yang digunakan baik yang tercantum pada kurikulum maupun dalam aplikasi pembelajaran Aqidah akhlak pada MI lebih banyak menggunakan jenis evaluasi formatif dan sumatif dengan bentuk tes tertulis dan lisan dengan penekanan pada aspek kognitif. Adapun menggunakan tes perbuatan yang menekankan kepada aspek psikomotorik dan kognitif relatif masih jarang dilakukan. Apalagi dalam bentuk non tes seperti sosiometri dan anekdotal record yang dianggap tepat untuk mengukur kemampuan dalam pembelajaran aqidak akhlak MI. Kemudian sebagai teori baru pada evaluasi maka pada evaluasi mata pelajaran Aqidak akhlak MI evaluasi terhadap performansi peserta didik menjadi salah satu alternatif yang lebih diutamakan. Kata Kunci: Telaah, Kurikulum, Pendidikan, Pendekatan dan Tematik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Surawardi Surawardi
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:36
Last Modified: 23 Aug 2016 02:36
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6350

Actions (login required)

View Item View Item