EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Metode Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Yasin Banjarbaru (Studi Pembentukan Kecerdasan Spiritual)

Surawardi, Surawardi (2013) Metode Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Yasin Banjarbaru (Studi Pembentukan Kecerdasan Spiritual). AL FALAH, 13 (23). pp. 165-188. ISSN 1829-717X

[img] Text
8. Jurnal Alfalah No. 23.pdf

Download (122kB)

ABSTRAK

Usaha-usaha yang dilakukan pondok pesantren Yasin Banjarbaru dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa/santrinya, yaitu: Mengamalkan ajaran agama secara baik. Keteladanan orang tua dalam keluarga. Selalu mendekati dan memberi teladan yang baik pada siswa. Membiasakan siswa dengan hal-hal yang baik. Membiasakan siswa untuk selalu shalat berjamaah, membaca Al-Qur’an, serta wiritan dan amalan-amalan setelah sholat lima waktu. Ajian kitab Ta'limul-Muta'allim, Hidayatus Shalikin dan Sairus Shalikin. Enam metode pendidikan akhlak yang diterapkan di pondok pesantren Yasin Banjarbaru yakni: pertama: metode keteladanan, kedua: metode latihan dan pembiasaan, ketiga: Metode ibrah (Mengambil pelajaran, keempat: metode mauizhah (nasihat), kelima yaitu metode targhib wa Ta’zhib, dan yang ke enam metode kedisiplinan. Faktor-faktor yang mempengaruhi metode pendidikan akhlak di pondok pesantren Yasin Banjarbaru; Latar belakang pendidikan guru sudah sesuai yaitu Nadwatul ulama, lucknow, uttar pradesh, india dan S1 fakultas syari’ah, alumni universitas al azhar kairo mesir, dan alumni ma’had ‘aly Tafaqquh Fiddin sendiri. Metode pendidikan akhlak dalam upaya pembentukkan kecerdasan spiritual pada santri, respon santri sangatlah bagus, mereka mentaati, mengamalkan, dan mengambil contoh teladan yang baik dari para asatidz dan pimpinan di pondok pesantren Yasin Banjarbaru. Sarana dan prasarana terbilang cukup lengkap, baik dari segi keadaan lingkungan maupun kelengkapannya seperti mushalla serta tempat wudhu, dan lapangan olah raga. Dan untuk penambahan ruang kelas masih dalam proses perencanaan pembangunan seperti yang dikatakan oleh pengasuh pondok pesantren Yasin Banjarbaru. Kondisi lingkungan pondok pesantren yang santun dan agamis sangat mempengaruhi dan akan menimbulkan kesadaran yang tinggi para siswa/santri untuk berperilaku yang baik. Kata Kunci: Metode, Pendidikan dan Akhlak

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Surawardi Surawardi
Date Deposited: 23 Aug 2016 02:35
Last Modified: 23 Aug 2016 02:35
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/6338

Actions (login required)

View Item View Item