EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

EFEKTIVITAS PINJAMAN DANA BERGULIR PNPM-MPd TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN TATAH MAKMUR KABUPATEN BANJAR

Nor Aida, Nor Aida (2015) EFEKTIVITAS PINJAMAN DANA BERGULIR PNPM-MPd TERHADAP PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT DI KECAMATAN TATAH MAKMUR KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
SEMUA BAB.pdf

Download (716kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah kemiskinan dan pengangguran yang dewasa ini masih menjadi masalah global terutama di perdesaan. Pemerintah telah berupaya menyalurkan beberapa program untuk mengatasi masalah tersebut tetapi sebagian terbilang tidak efektif, sehingga pemerintah menyalurkan program baru yaitu PNPM Mandiri pada tahun 2007. Program ini berbasis pemberdayaan masyarakat yaitu masyarakat tidak hanya menjadi objek tetapi juga menjadi subjek, diharapkan dengan adanya program baru ini masyarakat bisa lebih mandiri dalam memenuhi kebutuhan pokok hidupnya. Penelitian ini tentangEfektivitas Pinjaman Dana Bergulir PNPM-MPd terhadap Peningkatan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat di Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Tujuan dari penelitian ini adalahuntuk mengetahui efektivitas program SPP PNPM-MPd di Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar dan untuk mengetahui pengaruh program SPP secara simultan terhadap kesejahteraan ekonomi anggota kelompok program SPP PNPM- MPd di Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yangbersifatkuantitatif, menggambarkan dan menjelaskan efektif atau tidaknya programSPP PNPM-MPd di Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar, serta pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Ekonomi Anggota Kelompok Program SPP PNPM-MPd. Tingkat efektivitas program diukur dengan pendekatan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan untuk melihat pengaruh program menggunakan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS 13 for windows. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 396 orang dan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 80orang responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program SPP PNPM-MPd di Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar tergolong cukup efektif dilihat dari Indeks Kepuasan Masyarakat sebesar 3, sedangkanProgram SPP meliputi Perencanaan(X1) dan Pelaksanaan (X2)secara simultan berpengaruh terhadap Kesejahteraan Ekonomi Anggota Kelompok Program SPP PNPM-MPd (Y).Dengan efektivitas yang baik, PNPM Mandiri terutama Program SPP dapat membantu dalam meningkatkan tumbuhnya usaha kecil dan menengah yang ada pada masyarakat desa, yang selama ini bergantung pada pinjaman dan kekurangan modal, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat agar masyarakat dapat memperoleh kesejahteraan.PNPM Mandiri terutama Program SPP memberikan pengaruh terhadap perbaikan perekonomian masyarakat, tidak hanya kebutuhan pada sisi material tetapi kebutuhan spiritual juga telah dapat terpenuhi. Semua berharap kegiatan ini dapat terus berjalan lancar menuju masyarakat sejahtera, mandiri, dan Islami.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LA History of education
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 28 Jul 2015 02:35
Last Modified: 28 Jul 2015 02:35
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/618

Actions (login required)

View Item View Item