EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Membandingkan Pecahan Sederhana Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas III MIS Istiqamah Balabau Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Mila, Karmila (2015) Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Membandingkan Pecahan Sederhana Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas III MIS Istiqamah Balabau Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (508kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III semester II pada MIS Istiqamah Balabau untuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 15 orang dan terdiri dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan tahun pelajaran 2013/2014. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi dan tes, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh (1) Dengan menggunakan pembelajaran kooperatif Tipe STAD, hasil belajar siswa kelas III pada materi membandingkan pecahan sederhana di MIS Istiqamah Balabau dapat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I yaitu pertemuan kesatu 56,7 dan pada pertemuan kedua 67,3. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus II yaitu pertemuan ketiga 74,7 dan pada pertemuan keempat 86. (2) Aktivitas guru dalam menerapkan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III MIS Istiqamah Balabau sudah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari siklus I pertemuan 1 adalah 65,3 dan pertemtan 2 adalah 73,6 dan siklus II pertemuan 3 adalah 83,3 dan pertemuan 4 adalah 100. (3) Aktivitas siswa dalam menerapkan strategi pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III MIS Istiqamah Balabau sudah meningkat. Hal ini dapat dilihat dari siklus I pertemuan 1 adalah 65,6 dan pertemtan 2 adalah 75 dan siklus II pertemuan 3 adalah 87,5 dan pertemuan 4 adalah 96,9.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sari Noor Azijah
Date Deposited: 28 Jul 2015 02:35
Last Modified: 28 Jul 2015 02:35
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/616

Actions (login required)

View Item View Item