EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), REALISASI INVESTASI DAN TINGKAT ANGKATAN KERJA TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI KALIMANTAN SELATAN

Ahmad Saupi, Aliansyah (2015) ANALISIS PENGARUH PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB), REALISASI INVESTASI DAN TINGKAT ANGKATAN KERJA TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN DI KALIMANTAN SELATAN. Skripsi, Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam.

[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (48kB) | Preview

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kesadaran penulis mengenai perbincangan kemiskinan di Kalimantan Selatan yang relatif jarang ditemui. Pada seminar-seminar, loka karya, ekspos media, pertemuan pemerintahan, serta penelitian-penelitian mengenai tingkat kemiskinan relatif jarang sekali. Dalam makro ekonomi sendiri, terdapat beberapa variabel yang dapat mengurangi tingkat kemiskinan yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), realisasi investasi, jumlah penduduk bekerja pada angkatan kerja, dan variable lainnya yang telah dilakukan pemerintah daerah sangat berpengaruh dalam mengurangi kemiskinan. Variabel-variabel tersebut sedikit banyaknya terealisasi di Kalimantan Selatan, tetapi pembahasan mengenai kemiskinan bagi pemerintah serta akademisi, maupun dalam media, tidak mencuat dalam ruang publik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), realisasi investasi dan tingkat angkatan kerja terhadap tingkat kemiskinan di Kalimantan Selatan selama rentang waktu 1999-2014 (16 Tahun). Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (eksplanatory research), yaitu penelitian yang memberikan penjelasan kausal antara variabel-variabel penelitian yang disertai dengan langkah pengumpulan, pengolahan, penyajian, dan analisis data melalui hipotesis. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggambarkan hubungan antara dependent variable dan independent variable dengan menggunakan model regresi linier berganda. Melalui penelitian ini, penulis mendapatkan temuan-temuan sebagai berikut: Pertama, secara simultan ketiga variabel tersebut memiliki pengaruh terhadap tingkat kemiskinan. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa besarnya nilai Adjusted R Square sebesar 0,727 berarti 72,7% variasi atau perubahan dalam tingkat kemiskinan dapat dijelaskan oleh variasi dari PDRB, realisasi investasi dan tingkat angkatan kerja, sedangkan sisanya 27,3% dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak masuk dalam penelitian. Kedua, secara parsial hanya PDRB secara dominan berpengaruh signifikan terhadap pengurangan tingkat kemiskinan, sedangkan investasi dan tingkat angkatan kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat kemiskinan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Azra'i Muhammad
Date Deposited: 27 Jul 2015 10:56
Last Modified: 27 Jul 2015 10:56
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/610

Actions (login required)

View Item View Item