EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pengelolaan Kelas Pada MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin

Ihsan, Mudzakki (2015) Pengelolaan Kelas Pada MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (352kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (637kB) | Preview

ABSTRAK

Ihsan Mudzakki. 2014. Pengelolaan Kelas Pada MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. Syaiful Bahri Djamarah M.Ag. Pengelolaan kelas merupakan salah satu aspek yang perlu mendapat perhatian guru dalam pembelajaran di kelas, termasuk para guru yang menjadi wali kelas. Sebab kelas yang dikelola dengan baik akan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan hasil yang diperoleh siswa dalam proses belajar tersebut. Berdasarkan pemikiran tersebut di atas, maka dilakukan penelitian dengan rumusan masalah sebagai berikut: bagaimana pengelolaan kelas pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Banjar Selatan 2 Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas di Tsanawiyah tersebut. Subjek penelitian ini adalah para guru yang menjadi wali kelas di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Banjar Selatan 2 Banjarmasin pada tahun 2013/2014 yang berjumlah 12 orang. sedangkan objek penelitian ini adalah pengelolaan kelas pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Banjar selatan 2 Banjarmasin dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing data, klasifikasi data dan interpretasi data. sedangkan analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif dengan teknik penarikan kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru yang menjadi wali kelas pada Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTsN) Banjar Selatan 2 Banjarmasin sudah terlaksana dengan cukup baik, ditinjau dari segi Pengaturan tempat duduk, Pengaturan alat pengajaran (Media pengajaran / alat peraga, papan presensi, dan perpustakaan kelas), Penataan keindahan dan kebersihan, ventilasi dan tata cahaya, ini dalam hal pengaturan ruang kelas, kemudian pengelolaan siswa di dalam kelas juga cukup baik yang dilihat dari segi pembentukan organisasi, pengelompokan siswa, penerapan disiplin kelas. Faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan kelas tersebut dapat dibedakan menjadi dua katagori, yaitu: Faktor-faktor yang kurang mendukung terhadap pengelolaan kelas tersebut seperti terlalu banyaknya siswa di dalam kelas serta kurangnya pengelolaan dalam fasilitias yang menyangkut ketersediaan alat bantu mengajar yang kurang memadai, seperti tidak adanya alat-alat peraga dan media pembelajaran yang terdapat di dalam kelas sehingga memerlukan waktu untuk mempersiapkannya, adapun faktor-faktor yang mendukung terhadap pengelolaan kelas tersebut, seperti pendidikan guru yang telah sesuai dengan profesi keguruan, pengalaman mengajar yang cukup lama serta seringnya mengikuti pendidikan dan latihan tambahan dalam menunjang profesionalitas keguruan di Madrasah tersebut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Mahyuddin Noor
Date Deposited: 27 Jul 2015 02:02
Last Modified: 27 Jul 2015 02:02
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/586

Actions (login required)

View Item View Item