EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Martapura

Ningsih, Rela (2016) Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Martapura. Tesis, Pascasarjana.

[img] Image
PERNYATAAN.jpg

Download (120kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (270kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (474kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (316kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6kB)

ABSTRAK

Rela Ningsih. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Martapura, di bawah bimbingan (I) Prof. Dr. H. Syaifuddin Sabda, M. Ag., dan (II) Drs. H. Ahdi Makmur, M. Ag., Ph. D. Pada program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Antasari Banjarmasin 2016 Kata Kunci : Pengembangan, Kurikulum, Pendidikan Agama Islam. Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia masih menghadapi permasalahan dalam berbagai aspek. Upaya perbaikan masih belum dilakukan secara mendasar sehingga terkesan seadanya. Pendidikan dan pengajaran STAI dituntut untuk bersifat dinamik, sehingga tuntutan untuk pengembangan bahkan pembaharuan kurikulum tidak dapat dielakkan khususnya dalam hal ini kurikulum PAI guna menjawab dan memenuhi kebutuhan masyarakat yang sesuai dengan kondisi dan potensi masing-masing masyarakat lokal di lembaga pendidikan tersebut. Fokus penelitian ini yaitu : (1) Bagaimana dasar/landasan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Martapura? (2) Bagaimana prinsip-prinsip pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Martapura? (3) Bagaimana prosedur pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Martapura? Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Martapura. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseach) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan data mengguanakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) wawancara mendalam, (2) observasi, dan (3) studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) dasar/landasan pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam (PAI) di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Darussalam Martapura disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap perkembangan peserta didik dan kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan jenis dan jenjang masing-masing satuan pendidikan. 2) Prinsip-prinsip yang cukup signifikan diterapkan dalam pengembangan kurikulum PAI di STAI Darussalam Martapura adalah prinsip relevansi, fleksibelitas dan kesinambungan (kontiunitas). 3) Pengembangan kurikulum yang dilakukan di lingkungan STAI Darussalam Martapura menggunakan model yang sedikit berbeda dengan model-model yang telah dikemukakan oleh para developers (pengembang kurikulum), pengembangan kurikulum di STAI Darussalam Martapura memiliki model tersendiri dengan langkah-langkah tertentu, langkah-langkah pengembangan kurikulum yang dilakukan dan diterapkan di STAI Darussalam Martapura adalah : a. Analisis Kebutuhan, b. Seleksi Tujuan, c. Seleksi dan organisasi materi, d. Evaluasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Depositing User: M.Pd.I Rela Ningsih
Date Deposited: 02 Aug 2016 02:37
Last Modified: 02 Aug 2016 02:51
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/5840

Actions (login required)

View Item View Item