EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Sebelum Menghadapi Ujian Nasional di MTsN Kelayan Banjarmasin

Emelda, Nor (2014) Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kecemasan Siswa Sebelum Menghadapi Ujian Nasional di MTsN Kelayan Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (164kB) | Preview

ABSTRAK

Kecemasan adalah luapan berbagai emosi yang menjadi satu. Kecemasan ini terjadi ketika seseorang sedang menghadapi sesuatu yang menekan perasaan dan menyebabkan pertentangan batin dalam dirinya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang mengalami kecemasan akibat dari hasil try out (uji coba) yang pertama kali dilaksanakan hanya 1 orang yang lulus dari jumlah keseluruhan kelas IX. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kecemasan siswa sebelum menghadapi ujian nasional dan strategi apa yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling untuk mengatasi kecemasan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kecemasan siswa sebelum menghadapi Ujian Nasional dan untuk mengetahui Strategi yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kecemasan siswa sebelum menghadapi Ujian Nasional. Jenis penelitian ini adalah metode mixed yaitu metode campuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX di MTsN Kelayan Banjarmasin, dan pengambilan sample dilakukan secara purposive random sampling. Sampel yang diperlukan dalam penelitian ini sebanyak 40 orang dari 152 siswa. 2 orang guru Bimbingan dan Konseling, dan ada 37 orang guru di MTsN Kelayan. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa kecemasan siswa kelas IX di MTsN Kelayan Banjarmasin mencapai rata-rata 45,3% yaitu sebanyak 18 orang berada pada kategori cukup cemas, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan siswa tergolong kecemasan berat. Berdasarkan data yang diperoleh penulis dari hasil pembagian angket, maka dapat disimpulkan bahwa tingkat kecemasan siswa sebelum menghadapi Ujian Nasional dari 40 sampel ada 18 orang siswa cukup cemas, 12 orang siswa cemas, 9 orang sangat cemas dan 1 orang tidak cemas, dan berdasarkan data yang diperoleh penulis dari hasil wawancara dengan guru Bimbingan dan Konseling dapat disimpulkan bahwa strategi guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kecemasan siswa dengan memotivasi siswa, membangkitkan rasa percaya diri siswa, membuat jadwal les, relaksasi pernapasan dan memgembangkan kedisiplinan siswa dalam belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 27 Jul 2015 01:17
Last Modified: 27 Jul 2015 01:17
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/581

Actions (login required)

View Item View Item