EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Hasil Belajar Volume Tabung dan Kerucut Menggunakan Strategi PQ4R Dengan Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin

Hendratno, Muhammad Sidiq (2014) Hasil Belajar Volume Tabung dan Kerucut Menggunakan Strategi PQ4R Dengan Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (698kB) | Preview

ABSTRAK

Saat ini pembelajaran matematika di MTs Siti Mariam Banjarmasin masih sering mengunakan pembelajaran konvensional tanpa menggunakan strategi apapun yang berisi metode ceramah, tanya jawab, latihan dan penugasan. Pembelajaran seperti ini cenderung monoton dan membosankan jika dipakai terus menerus dalam waktu yang lama. Kondisi seperti ini berdampak pada prestasi siswa. Padahal sebaiknya proses pembelajaran selalu mengikutsertakan siswa secara aktif guna mengembangkan kemampuan yang ada didalam dirinya, sehingga guru mengetahui kesulitan yang dialami siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang membantu proses belajar mengajar di kelas adalah strategi PQ4R. Strategi PQ4R merupakan salah satu bagian dari strategi elaborasi. Stategi ini digunakan untuk membantu siswa mengingat apa yang mereka baca. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasil belajar volume tabung dan kerucut menggunakan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung siswa kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin. Dalam hal ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tenik observasi, tes, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A semester II di MTs Siti Mariam Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar volume tabung dan kerucut menggunakan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung siswa kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin berada pada kualifikasi cukup yaitu dengan rata-rata 59,66 dan respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan strategi PQ4R dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin termasuk dalam kualifikasi baik yaitu dengan rata-rata sebesar 54,43.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr. Moch Isra Hajiri
Date Deposited: 27 Jul 2015 00:09
Last Modified: 27 Jul 2015 00:09
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/570

Actions (login required)

View Item View Item