EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Reading Alouad Pada Siswa Kelas II A MI Darussalim Bati-bati Kabupaten Tanah Laut

Mansyur, Lukman (2015) Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Reading Alouad Pada Siswa Kelas II A MI Darussalim Bati-bati Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I - V.pdf

Download (722kB) | Preview

ABSTRAK

Mansyur 2014. Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Strategi Pembelajaran Reading Alouad Pada Siswa Kelas II A MI Darussalim Bati-bati Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah. Pembimbing : Drs. H. Samdani, M. Fil.I. Kata Kunci : Meningkatkan kemampuan membaca puisi melalui Strategi Pembelajaran Reading Alouad. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil kemampuan membaca puisi siswa kelas II A, semester genap pada madrasah Ibtidaiyah Darussalim Bati-bati pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui Strategi pembelajaran Reading Alouad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penilaian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus, yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II A MI Darussalim Bati-bati pada semester genap tahun ajaran 2013 / 2014 dengan jumlah siswa 30 orang. Pengumpulan adata dalam penelitian ini diperoleh melalui data kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari data hasil tes belajar dan data hasil lembar observasi. Hasil penelitian ini diperoleh : (1) partisifasi siswa mengalami peningkatan dari akhir siklus pertama dan ke akhir siklus ke dua meningkat 7,41% menjadi 7,78% . Jika pada siklus pertama masih ada beberapa komponen siswa yang harus ditingkatkan, yaitu kerja sama dan toleransi serta partisifasi bagi siswa yang mempunyai kemampuan tinggi dengan yang mempunyai kemampuan yang rendah, maka pada siklus kedua kemampuan tersebut (kerja sama dan partisifasi) sudah lebih baik dilaksanakan siswa dalam kelompoknya. (2) hasil membaca puisi siswa pada siklus akhir ke tiga meningkat dari 8,50% mengalami peningkatan pada akhir siklus empat menjadi 8,53% di atas standar ketuntasan belajar minimum pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah ditetapkan yaitu 70. Berdasarkan hasil penelitian hasil tindakan kelas ini maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Strategi Reading Alouad dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca puisi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Mur Tini
Date Deposited: 24 Jul 2015 08:27
Last Modified: 24 Jul 2015 08:27
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/568

Actions (login required)

View Item View Item