EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Konstektual pada Materi Pengurangan dengan Teknik Meminjam Pelajaran Matematika Kelas I MIN Kertak Hanyar Kabupaten Banjar.

Halimah, Halimah (2015) . Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Konstektual pada Materi Pengurangan dengan Teknik Meminjam Pelajaran Matematika Kelas I MIN Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I Halimah.pdf

Download (367kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV Halimah.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK

Hj. Halimah. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Konstektual pada Materi Pengurangan dengan Teknik Meminjam Pelajaran Matematika Kelas I MIN Kertak Hanyar Kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan IAIN Antasari Banjarmasin Program Dual Mode System S1 PGMI. Dosen Pembimbing Drs. Abdul Hayat, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar, Pendekatan Kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas I semester II pada MIN Kertak Hanyar untuk mata pelajaran Matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Pada setiap siklus yakni siklus 1 dan siklus 2 terdiri atas satu kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I MIN Kertak Hanyar pada semester genap tahun ajaran 2013/2014, dengan jumlah siswa 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknis observasi dan tes tertulis, sedangkan teknis analisis data yang digunakan adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini diperoleh peningkatan(1) aktivitas guru dari 76,92 % menjadi 84,61% pada siklus 2, jika pada siklus 1 masih ada beberapa komponen aktivitas guru yang belum dilaksanakanmen yaitu mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu, membuat rangkuman dengan melibatkan siswa, menyampaikan hasil penilaian kepada siswa, memberi penghargaan kepada siswa yang dapat nilai tinggi serta memberikan PR sebagai bahan remedial/pengayaan, maka pada siklus 2 ke enam komponen tersebut dapat dilakasanakan dua komponen yaitu mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan, memberi penghargaan kepada siswa yang mendapat nilai tinggi. (2) aktivitas siswa juga mengalami kenaikan dari 70% menjadi 80 % pada siklus 2. Demikian juga dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari 74,83 menjadi 88 pada siklus 2.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Faisal Adlan azka
Date Deposited: 24 Jul 2015 08:28
Last Modified: 24 Jul 2015 08:28
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/566

Actions (login required)

View Item View Item