EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Pair Checks pada Materi Statistika Siswa Kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin Tahun Ajaran 2013/2014.

Mayasari, Mayasari (2015) Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Pair Checks pada Materi Statistika Siswa Kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (105kB) | Preview

ABSTRAK

Mayasari. 2014. Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Pair Checks pada Materi Statistika Siswa Kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Hasby Assidiqi, S.Pd., M.Si. Model pembelajaran yang digunakan mayoritas guru kurang bervariasi, dan sebagai akibatnya motivasi belajar siswa menjadi sulit ditumbuhkan. Salah satu cara yang dipandang sebagai alternatif untuk menumbuhkan motivasi belajar dan dapat meningkatkan keaktifan siswa yaitu dengan menngunakan model pembelajaran kooperatif. Diantara model pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran kooperatif tipe pair checks. Model tersebut berlandaskan pada paham kontruktivisme yang berpusat pada siswa sehingga siswa dapat aktif untuk mengatasi kesulitan secara bersama-sama, baik dalam pemahaman konsep atau menyelesaikan soal latihan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang di ajar dengan model kooperatif tipe pair checks dan model konvensional, serta untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks pada materi statistika. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan desain (metode) true eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Siti Mariam Banjarmasin. Sedangkan sampel pada penelitian berjumlah 58 siswa yaitu kelas IX A sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe pair checks dan kelas IX B sebagai kelas yang diajar dengan menggunakan model konvensional. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis, dokumentasi, wawancara dan observasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan rata-rata, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe pair checks berada pada kualifikasi baik dan pembelajaran dengan menggunakan model konvensional juga berada pada kualifikasi baik. Berdasarkan hasil pengujian dengan uji t didapat thitung lebih kecil dari ttabel dan lebih besar dari -ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak sehingga dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe pair checks dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model konvensional. Namun pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe pair checks dapat meningkatkan keaktifan siswa, sehingga model kooperatif tipe pair checks efektif digunakan dalam pembelajaran statistika.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Faisal Adlan azka
Date Deposited: 24 Jul 2015 06:52
Last Modified: 24 Jul 2015 06:52
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item