EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas III MIN Sungai Sipai kabupaten Banjar.

Pikriah, Mizani (2015) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas III MIN Sungai Sipai kabupaten Banjar. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV-ok.pdf

Download (327kB) | Preview

ABSTRAK

Pikriah Mizani, 2014. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Make A Match pada Siswa Kelas III MIN Sungai Sipai kabupaten Banjar. Skripsi, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs. H. Muhammad Yusuf, M.Fil.I. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Make A Match. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini dilatarbelakangi oleh hipotesis bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match, maka hasil belajar siswa materi membaca dan menulis lambang bilangan pecahan akan meningkat. Untuk membuktikan hipotesis tersebut, maka perlu diadakan penelitian tindakan kelas. Masalah yang diteliti dirumuskan, Bagaimana aktifitas guru dalam penerapan Model Pembelajaran Make A Match materi membaca dan menulis lambang bilangan pecahan di Kelas III MIN Sungai Sipai Kabupaten Banjar ?. Bagaimana hasil belajar siswa materi membaca dan menulis lambang bilangan pecahan dengan penerapan model pembelajaran make A Match di Kelas III MIN Sungai Sipai Kabupaten Banjar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis mengadakan penelitian tindakan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Sipai Martapura Kabupaten Banjar pada siswa kelas III yang berjumlah 28 orang. Penelitian dimulai pada bulan April 2014 dalam 2 siklus, 2 kali pertemuan (1 siklus 1 pertemuan). Data digali melalui hasil observasi, dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian diketahui bahwa aktivitas guru dalam mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sungai Sipai Kabupaten Banjar meningkat pada siklus II. Pada siklus I, skor aktivitas guru sebesar 66%, termasuk kategori baik, dan siklus II sebesar 90.47%, termasuk kategori sangat baik. Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match meningkat pada siklus II. Pada siklus I, skor aktivitas siswa sebesar 69% termasuk kategori baik, dan siklus II sebesar 92%, termasuk kategori sangat baik. Hasil belajar siswa terhadap materi membaca dan menulis lambang bilangan pecahan meningkat pada siklus II. Pada siklus I, hasil belajar siswa rata-rata adalah 72.14 termasuk kategori baik, dan siklus II adalah rata-rata hasil belajar siswa 92,14 termasuk kategori sangat baik. Secara klasikal, pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 71 % termasuk kategori baik, dan pada siklus II sebesar 100% termasuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil temuan di atas, dapat disimpulkan bahwa penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil meningkatkan hasil belajar siswa, karena pada siklus I dan II, hasil belajar dan ketuntasan klasikal siswa telah mencapai target ditetapkan yaitu 70. Berarti model pembelajaran Make A Match ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta meningkatkan aktifitas guru dan aktifitas belajar siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Asma Wardah
Date Deposited: 24 Jul 2015 06:34
Last Modified: 24 Jul 2015 06:34
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/544

Actions (login required)

View Item View Item