EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR
Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri
Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses - cari, etc.

Skripsi, Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Menyanyi pada Pelajaran IPS di Kelas II C MIN Sungai Sipai Kabupaten Banjar,

ASRIAH, ASRIAH (2015) Skripsi, Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Menyanyi pada Pelajaran IPS di Kelas II C MIN Sungai Sipai Kabupaten Banjar,. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (530kB) | Preview

ABSTRAK

ASRIAH,2014. Skripsi, Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Menyanyi pada Pelajaran IPS di Kelas II C MIN Sungai Sipai Kabupaten Banjar, PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: Drs.H. Muhammad Yusuf, M.Fil.I. Kata kunci: Aktivitas, Hasil belajar, Strategi menyanyi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS tema Budi Pekerti materi kedudukan dan peran anggota keluarga. Dikarenakan hasil pengalaman mengajar peneliti pada kelas yang berbeda tahun pelajaran sebelumnya peserta didik kesulitan mencapai hasil ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 70. Penelitian ini mengaplikasikan strategi menyanyi , guru memilih lagu yang digemari anak untuk dirubah liriknya sesuai dengan materi yang akan diajarkan, kemudian dinyanyikan secara bersama-sama, berkelompok, dan diselingi dengan permainan. Hasil akhirnya peserta didik diberikan tes untuk mengukur keberhasilannya. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas II MI Negeri Sungai Sipai Kabupaten Banjar tahun pelajaran 2013 / 2014 dengan jumlah 30 orang, terdiri atas 13 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Penelitian berlangsung dalam 3 kali pertemuan yaitu 1 pra siklus dan 2 siklus, masing-masing 1 kali pertemuan ( 2 x 35 menit ). Adapun sumber data diperoleh dari observer, teman sejawat, dan siswa dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi yang kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas, hasilnya menunjukan bahwa dengan menerapkan menerapkan strategi menyanyi terjadi peningkatan hasil belajar siswa. Hasil tes prasiklus, nilai siswa tuntas 13,33% , siklus 1 tuntas 66,67% dan siklus 2 tuntas 93,33%. Melalui penelitian strategi menyanyi dihasilkan dampak positip dalam meningkatkan proses dan hasil belajar siswa terhadap pelajaran karena kegiatan belajar berpusat kepada siswa (student oriented)

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Asma Wardah
Date Deposited: 24 Jul 2015 06:36
Last Modified: 24 Jul 2015 06:36
URI: http://idr.iain-antasari.ac.id/id/eprint/542

Actions (login required)

View Item View Item